Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Nilai Karakter Disiplin dan Religius Siswa di SMP Negeri 11 Jember Tahun Ajaran 2022/2023

Sholeha, Badriatus (2023) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Nilai Karakter Disiplin dan Religius Siswa di SMP Negeri 11 Jember Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Badriatus Sholeha_T20191123.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Upaya Guru, Karakter Siswa, Disiplin, Religius
Secara global pendidikan karakter sangat penting bagi siswa di seluruh dunia guna menghadapi tuntutan perkembangan zaman. SMP Negeri 11 Jember merupakan salah satu sekolah yang tak luput dari adanya permasalahan-permasalahan yang terkait dengan karakter siswa. Oleh karena itu dibutuhkan upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan nilai karakter disiplin dan religius. Salah satu upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan nilai karakter tersebut yaitu dengan menerapkan Bank sampah sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan nilai disiplin siswa. Selain itu dalam meningkatkan nilai karakter religiusnya ada berbagai cara salah satunya yaitu menjadikan dirinya sebagai teman.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Nilai Karakter Disiplin Siswa di SMP Negeri 11 Jember Tahun Ajaran 2022/2023?, 1) Bagaimana Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Nilai Karakter Religius Siswa di SMP Negeri 11 Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk Mendeskripsikan Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Nilai Karakter Disiplin Siswa di SMP Negeri 11 Jember., 2) Untuk Mendeskripsikan Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Nilai Karakter Religius Siswa di SMP Negeri 11 Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif kualitatif. Adapun penentuan subyek penelitiannya yaitu dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pendapat Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian keabsahan data diperoleh melalui teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh hasil bahwa: 1) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan nilai karakter disiplin pada siswa yaitu: kesulitan belajar yaitu siswa yang susah menangkap materi pembelajaran diatasi dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariatif, melanggar tata tertib sekolah yaitu memakai atribut sekolah yang tidak lengkap dan membuang sampah sembarangan diatasi melalui program bank sampah. 2) Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan nilai karakter religius pada siswa yaitu: bullying dan kekerasan pada siswa diatasi melalui pendekatan menjadikan dirinya sebagai teman serta memberikan nasihat-nasihat kepada siswa, sopan santun dan sholat yang masih bolong-bolong diatasi dengan cara menjadwalkan kegiatan sholat berjamaah dan memberikan nasihat-nasihat kepada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Me Badriatus Sholeha
Date Deposited: 05 Jul 2023 03:50
Last Modified: 05 Jul 2023 03:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25022

Actions (login required)

View Item View Item