ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI GOJEK PADA PENJUALAN MAKANAN ( STUDI KASUS WARUNG MAKAN PAK TRIS DAERAH SUMBERSARI JEMBER )

Yustisi, Wildan (2023) ANALISIS EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI GOJEK PADA PENJUALAN MAKANAN ( STUDI KASUS WARUNG MAKAN PAK TRIS DAERAH SUMBERSARI JEMBER ). Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Skipsi.pdf

Download (22MB)

Abstract

ABSTRAK
Wildan Yustisi, Dr. HERSA FARIDA QORIANI, M.E.I :
Analisis Efektivitas Penggunaan Aplikasi Gojek Pada Penjualan Makanan ( Studi Kasus Warung Makan Pak Tris Daerah Sumbersari Jember )

Zaman modern ini para pengusaha kuliner banyak yang mengandalkan media elektronik yaitu menggunakan sebuah aplikasi e-commers, salah satunya yang marak atau terkenal ialah aplikasi gojek, disana masyarakat bisa menggunakan pesan antar makanan, ataupun mengantarkan pelanggan ke tujuan yang diinginkan melalui aplikasi yang sudah disediakan. Para pengusaha kuliner ingin membantu masyarakat dalam pemesanan efektif dan efisien.
Fokus dalam penelitian ini adalah 1.) Bagaimana Manfaat Penggunaan Aplikasi Gojek Pada Penjualan Makanan ( Studi Kasus Warung Makan Pak Tris Daerah Sumbersari Jember ). 2.) Bagaimana Efektivitas Penggunaan Aplikasi Gojek Pada Penjualan Makanan ( Studi Kasus Warung Makan Pak Tris Daerah Sumbersari Jember ).
Tujuan dalam penelitian ini adalah 1.) Untuk Mengetahui Manfaat Penggunaan Aplikasi Gojek Pada Penjualan Makanan ( Studi Kasus Warung Makan Pak Tris Daerah Sumbersari Jember ). 2.) Untuk Mengetahui Bagaimana Efektivitas Penggunaan Aplikasi Gojek Pada Penjualan Makanan ( Studi Kasus Warung Makan Pak Tris Daerah Sumbersari Jember ).
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan pendekatan desktriptif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik trianggulasi, berarti peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yang berbeda-beda untuk mendapatkan data dari sumber yang sama. Peneliti menggunakan observasi, wawancara,dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian yaitu 1.) Dari segi manfaat penggunaan aplikasi gojek ini bisa memudahkan pelanggan untuk pemesanan agar menghemat waktu dan juga tidak mengantri. 2.) Efektivitasnya yaitu pendapatan juga bertambah, jika sebelum menggunakan apikasi ini keuntungannya 1.500.000 s/d 2.000.000 dan setelah menggunakan aplikasi ini 3.000.000, disini keuntungan dari hasil menjual makanan sudah bisa dilihat. Aplikasi gojek ini bisa menambah keuntungan yang diperoleh dari warung Pak tris. Tetapi disini Pak Tris juga tidak selalu mendapatkan laba/keuntungan dan juga ada kerugiannya contohnya faktor cuaca seperti hujan dan masalah pandemi covid.

Kata kunci: Efektivitas, Manfaat aplikasi gojek, Penjualan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1006 Computer Hardware > 100602 Input, Output and Data Devices
10 TECHNOLOGY > 1006 Computer Hardware > 100699 Computer Hardware not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Wildan Yustisi
Date Deposited: 06 Jul 2023 00:13
Last Modified: 06 Jul 2023 00:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25023

Actions (login required)

View Item View Item