Pengaruh Pelayanan KBIH Terhadap Tingkat Kepuasan Jamaah Haji Al-Khairat Bangsalsari Kabupaten Jember

Mukkarromah, Lu'luul (2023) Pengaruh Pelayanan KBIH Terhadap Tingkat Kepuasan Jamaah Haji Al-Khairat Bangsalsari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lu'luul Mukkarromah Watermark.pdf

Download (6MB)

Abstract

Lu’luul Mukkaromah, 2023: Pengaruh Pelayanan KBIH Terhadap Tingkat Kepuasan Jamaah Haji Al-Khairat Bangsalsari Kabupaten Jember.

Kata kunci: Tingkat Pelayanan, Kepuasan Jamaah

Ibadah haji merupakah ibadah yang amat dirindukan umat islam, ibadah haji diselenggarakan oleh pemerintah. Penyelenggaraan ibadah haji oleh pemerintah mengalami kompleksitas, sehingga pemerintah kurang siap dalam hal pemberian pelayanan dan bimbingan, hal ini membuka peluang munculnya Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH). Dalam perkembangan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH), jumlah KBIH terus bertambah secara pesat. Banyaknya KBIH yang berdiri di Indonesia maka persaingannya akan semakin ketat, sehingga dibutuhkan berbagai strategi untuk bisa berkembang dan memperoleh jamaah. Salah satu strategi yang perlu diperhatikan adalah mengenai pelayanan, karena dengan pelayanan yang berkualitas maka jamaah akan menjadi puas dan menetapkan bimbingan di KBIH tersebut.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bagaimana pengaruh pelayanan terhadap tingkat kepuasan jamaah haji KBIH Al-Khairat Bangsalsari Jember?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan terhadap tingkat kepuasan jamaah haji pada KBIH Al-Khairat Bangsalsari Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penelitian jenis survei lapangan (field research). Pengumpulan data berupa observasi, dokumentasi, dan angket. Populasi penelitian ini yaitu. Sedangkan pengambilan sampel dengan jamaah haji sebanyak 400 orang dan teknik simple random sampling adalah teknik penentuan sampel. Penelitian ini menggunakan 80 sampel dan menggunakan alat analisis uji validasi dan reliabilitas, uji asumsi klasik dan analisis regresi linier sederhana, uji hipotesis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pelayanan secara signifikansi telah mempengaruhi kepuasan jamaah. Hal tersebut, dibuktikan dalam hasil penelitian pada hasil uji analisis regresi linier sederhana dengan menunjukkan bahwa signifikansi 0,003 < 0,05 atau t_{hitung} 2,161 \ >t_{tabel} 1,994, maka diartikan H0 ditolak dan Ha diterima. Demikian, hasil yang didapat dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara tingkat pelayanan terhadap kepuasan jamaah haji KBIH Al-Khairat Bangsalsari Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140216 Tourism Economics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150310 Organisation and Management Theory
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Ms Lu’luul Mukkaromah
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:08
Last Modified: 10 Jul 2023 06:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25025

Actions (login required)

View Item View Item