Pengembangan Buku Saku Operasi Hitung Matematika pada Pembelajaran Tematik Kelas III Tema 4 di SD Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember

Damarani, Jurika Saliha (2023) Pengembangan Buku Saku Operasi Hitung Matematika pada Pembelajaran Tematik Kelas III Tema 4 di SD Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Jurika Saliha Damarani_T20194007.pdf

Download (3MB)

Abstract

Jurika Saliha Damarani, 2023. Pengembangan Buku Saku Operasi Hitung Matematika pada Pembelajaran Tematik Kelas III Tema 4 di SD Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember
Kata Kunci: Pengembangan, Buku Saku, Operasi Hitung Matematika
Kurangnya inovasi dalam pengembangan bahan ajar matematika oleh guru menyebabkan kurang efektifnya pembelajaran matematika. Hal ini menyebabkan sulitnya peserta didik dalam memahami konsep matematika. Hal lain juga menjadi sebab kurangnya keterampilan peserta didik dalam matematika khususnya perkalian dan pembagian yaitu tidak adanya pembelajaran tindak lanjut yang dilakukan selain di sekolah. Buku Saku operasi hitung matematika kemudian dikembangkan sebagai sarana belajar yang dapat membantu proses pembelajaran matematika agar lebih efektif, kreatif, dan inofatif.
Penelitian ini menggunakan rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana proses pengembangan produk buku saku operasi hitung matematika pada pembelajaran tematik kelas III tema 4 di SD Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember (2) Bagaimana kelayakan buku saku operasi hitung matematika pada pembelajaran tematik kelas III tema 4 di SD Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember (3) Bagaimana kepraktisan buku saku operasi hitung matematika pada pembelajaran tematik kelas III tema 4 di SD Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember (4)Bagaimana keefektifan buku saku operasi hitung matematika pada pembelajaran tematik kelas III tema 4 di SD Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember.
Tujuan penelitian ini yaitu : (1) Untuk mendeskripsikan proses pengembangan buku saku operasi hitung matematika pada pembelajaran tematik kelas III tema 4 di SD Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember. (2) Untuk mendeskripsikan kelayakan buku saku operasi hitung matematika pada pembelajaran tematik kelas III tema 4 di SD Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember. (3) Untuk mendeskripsikan kepraktisan buku saku operasi hitung matematika pada pembelajaran tematik kelas III tema 4 di SD Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember. (4) Untuk mendeskripsikan keefektifan buku saku operasi hitung matematika pada pembelajaran tematik kelas III tema 4 di SD Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember.
Pengembangan Buku Saku Operasi Hitung Matematika pembelajaran tematik kelas III tema 4 di SD Baiturrohman Griya Mangli Indah Jember ini menggunakan metode penelitian Reaserch and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan kerja yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation .teknik pengumpulan data yang digunakan yakni angket dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan buku saku operasi hitung matematika menghasilkan buku saku dengan langkah pembutan pertama yakni membuat cover dan dilanjutkan dengan halaman-halaman berikutnya. Hasil kelayakan buku saku oleh validator ahli media sebesar 81% dengan kategori layak, oleh validator ahli materi sebesar 98% dengan kategori sangat layak, dan dinyatakan layak oleh pengguna skala kecil. Hasil kepraktisan oleh guru sebesar 94% dengan kategori sangat praktis dan peserta didik sebesar 81% dengan kategori praktis. Hasil keefektifan sebesar 81% dengan kategori sangat efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Jurika Saliha Damarani
Date Deposited: 05 Jul 2023 01:47
Last Modified: 05 Jul 2023 01:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25026

Actions (login required)

View Item View Item