PENGARUH PENJUALAN, MODAL KERJA DAN TOTAL HUTANG TERHADAP LABA BERSIH PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR SEMEN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2015-2022

Gustina Sari, Safitri (2023) PENGARUH PENJUALAN, MODAL KERJA DAN TOTAL HUTANG TERHADAP LABA BERSIH PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SUB SEKTOR SEMEN YANG TERDAFTAR DI BEI PERIODE 2015-2022. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SAFITRI GUSTINA SARI _E20193087.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Safitri Gustina Sari, 2023 : Pengaruh Penjualan, Modal Kerja Dan Total Hutang Terhadap Laba Bersih Pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Semen Yang Terdaftar Di Bei Periode 2015-2022
Kata Kunci: Laba, Penjuaalan, Modal Kerja, Total Hutang
Laba merupakan salah satu informasi keuangan yang menarik perhatian bagi investor. Kemampuan menghasilkan laba yang maksimal pada suatu perusahaan sangat penting karena pada dasarnya pihak-pihak yang berkepentingan, seperti investor dan kreditur mengukur keberhasilan perusahaan berdasarkan kemampuan perusahaan yang terlihat dari kinerja manajemen dalam menghasilkan laba dimasa yang akan datang. Untuk mendapatkan laba yang optimal bukan hal yang mudah, karena laba juga dapat dipengaruhi oleh besarnya modal yang ada baik modal dana sendiri maupun yang berasal dari hutang, dan penjualan yang berjalan yang dapat menjadikan laba menjadi besar atau kecil.
Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) apakah penjualan mempengaruhi laba bersih pada perusahaan semen yang terdaftar di Bursa Eefek Indonesia periode 2015-2022? 2) apakah modal kerja mempengaruhi laba bersih pada perusahaan semen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2022? 3) apakah total hutang mempengaruhi laba bersih pada perusahaan semen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2022? 4) apakah penjualan, modal kerja, dan total hutang mempengaruhi laba bersih pada perusahaan semen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2022?.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penjualan, modal kerja dan total hutang terhadap laba bersih. Penelitian ini mengguanakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah perusahaan semen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2022. Sumber data menggunakan data sekunder dengan teknik purposive sampling. Sampel yang diambil berjumlah 4 perusahaan semen dalam periode 8 tahun sehingga diperoleh 32 jumlah observasi. Adapun metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan pengolahan data menggunakan E-views 12.
Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial variabel penjualan berpengaruh signifikan terhadap laba bersih, variabel modal kerja tidak berpengaruh signifikan laba bersih, dan variabel total hutang berpengaruh signifikan terhadap laba bersih. Secara simultan penjualan, modal kerja dan total hutang berpengaruh terhadap laba bersih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140304 Panel Data Analysis
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Safitri Gustina Sari
Date Deposited: 05 Jul 2023 09:14
Last Modified: 05 Jul 2023 09:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25033

Actions (login required)

View Item View Item