Pengembangan Media Snake Domino Melalui Aplikasi Corel Draw X7 pada Sifat dan Perubahan Wujud Benda Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Islamiyah Puger Tahun Pelajaran 2022/2023

Ramadhani, Vika Arivatur (2023) Pengembangan Media Snake Domino Melalui Aplikasi Corel Draw X7 pada Sifat dan Perubahan Wujud Benda Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Islamiyah Puger Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kyai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
VIKA ARIVATUR RAMADHANI WATERMARK-1_compressed.pdf

Download (3MB)

Abstract

Vika Arivatur Ramadhani, 2023: Pengembangan Media Snake Domino Melalui Aplikasi Corel Draw X7 pada Sifat dan Perubahan Wujud Benda Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Al-Islamiyah Puger Tahun Pelajaran 2022/2023.

Kata Kunci : Media Snake Domino, Corel Draw X7, Sifat dan Perubahan Wujud Benda

Media pembelajaran dalam proses pembelajaran memiliki kedudukan yang sangat penting dan sangat dibutuhkan. Sebab dengan adanya media, proses pembelajaran akan berjalan lebih efektif dan efisien dengan catatan media yang digunakan adalah media yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan. Melihat kebiasaan peserta didik yang menyukai gaya belajar visual, maka cocok dikembangkannya media Snake Domino, merupakan media cetak berbentuk kartu domino dengan desain ular yang menyambung yang didalamnya berisi soal-soal dan jawaban yang dicocokkan. Media Snake Domino dirasa cocok digunakan pada materi sifat dan perubahan wujud benda dengan harapan agar pembelajaran dapat lebih efektif, efisien dan tidak membosankan.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : 1) Bagaimana mengembangkan Produk Media Snake Domino Melalui Aplikasi Corel Draw X7 pada Sifat dan Perubahan Wujud Benda Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Islamiyah Puger Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Bagaimana kelayakan pengembangan media Snake Domino Snake Domino Melalui Aplikasi Corel Draw X7 pada Sifat dan Perubahan Wujud Benda Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Islamiyah Puger Tahun Pelajaran 2022/2023.
Tujuan adanya penelitian pengembangan media Snake Domino yang dilakukan oleh peneliti di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Islamiyah Puger ini adalah sebagai berikut : 1) Untuk mengembangkan Produk Media Snake Domino Melalui Aplikasi Corel Draw X7 pada Sifat dan Perubahan Wujud Benda Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Islamiyah Puger Tahun Pelajaran 2022/2023., 2) Untuk mengetahui kelayakan pengembangan media Snake Domino Snake Domino Melalui Aplikasi Corel Draw X7 pada Sifat dan Perubahan Wujud Benda Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-Islamiyah Puger Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian yang dilakukan oleh peneliti menggunakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunaan jenis kualitatif dan kuantitaif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian ADDIE yang didalamnya memiliki lima tahapan yaitu : Analisis, Desain, Pengembangan, Pengembangan dan Evaluasi.
Berdasarkan hasil penelitian pengembangan media Snake Domino pada sifat dan perubahan wujud benda, maka dapat disimpulkan : 1) Hasil validasi hasil media mendapatkan skor 95,5% dan hasil validasi ahli materi mendapatkan skor 95%. 2) Hasil validasi ahli pembelajaran mendapatkan skor 96% dan hasil angket respon peserta didik kelas V mendapat skor 96%. Hasil dari ahli validasi dan juga respon mendapatkan nilai rata-rata 95,5% dengan kategori sangat valid atau dikatakan layak, karena hasil skor yang diperoleh meimiliki rata-rata 90% ke atas. Berdasarkan kategori kelayakan, jika rata-rata 81%-100% maka termasuk dalam kategori sangat valid atau sangat layak. Sehinga media Snake Domino dinyatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Skripsi Vika Arivatur Ramadhani
Date Deposited: 05 Jul 2023 01:50
Last Modified: 05 Jul 2023 01:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25037

Actions (login required)

View Item View Item