Manajemen Pengelolaan Home Industry Kerajinan Sangkar Burung Melalui Pendekatan Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Dawuhanmangli Kecamatan Sukowono

Fina, Febrianti (2023) Manajemen Pengelolaan Home Industry Kerajinan Sangkar Burung Melalui Pendekatan Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Dawuhanmangli Kecamatan Sukowono. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FINA FEBRIANTI_E20192084.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Fina Febrianti, 2019: Manajemen Pengelolaan Home Industri Kerajinan Sangkar Burung Melalui Pendekatan Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Di Desa Dawuhanmangli Kecamatan Sukowono.

Kata kunci: Manajemen, Home Industri, Ekonomi Kreatif, Kesejahteraan

Home Industri merupakan usaha yang banyak dilakukan oleh masyarakat saat ini. Usaha kecil yang berbentuk rumahan ini mampu untuk memperoleh penghasilan sehingga dapat mencukupi kebutuhan keluarga. Home industri yang ada di Desa Dawuhanmangli merupakan usaha yang sudah lama berdiri dan dilakukan secara turun temurun. Jenis usaha ini tetap aktif dikalangan masyarakat yang ada di Desa tersebut.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana manajemen pengelolaan home industry kerajinan sangkar burung di Desa Dawuhanmangli? 2) Bagaimana manajemen pengelolaan home industry kerajinan sangkar burung di Desa Dawuhanmangli? 3) Bagaimana manajemen pengelolaan home industry kerajinan sangkar burung sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Dawuhanmangli?
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk mengetahui manajemen pengelolaan home industry kerajinan sangkar burung di Desa Dawuhanmangli. 2) Untuk mengetahui manajemen pengelolaan home industry kerajinan sangkar burung melalui pendekatan ekonomi kreatif di Desa Dawuhanmangli. 3) Untuk mengetahui manajemen pengelolaan home industry kerajinan sangkar burung sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Dawuhanmangli.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian lapangan. Lokaasi penelitian dilakukan di Desa Dawuhanmangali Kecamatan Sukowono. Kemudian teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan subyek sebagai informan menggunakan purposive. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Adapun keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini adalah: 1) Home industry yang bergerak dibidang kerajinan dengan tujuan mengetahui bagaimana pengelolaan pada home industry tersebut, home industry kerajinan sangkar burung sudah menerapkan fungsi dari manajemen pengelolaan yang ada. 2) Dalam pengelolaannya, home industy telah menerapkan pendekatan dari ekonomi kreatif yang terdiri dari kreativitas, inovasi, dan penemuan. 3) Hal ini dapat dibuktikan dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakat terutama dalam segi ekonomi bagi para pengrajin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140219 Welfare Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms. Fina Febrianti
Date Deposited: 05 Jul 2023 03:10
Last Modified: 05 Jul 2023 03:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25042

Actions (login required)

View Item View Item