Analisis Penentuan Harga dan Margin Pada Pembiayaan Murabahah di BMT UGT Nusantara Capem Arjasa Kabupaten Jember

Marwati Dewi, Dwi Jayanti (2023) Analisis Penentuan Harga dan Margin Pada Pembiayaan Murabahah di BMT UGT Nusantara Capem Arjasa Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dwi Jayanti Marwati Dewi _E20191019.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Dwi Jayanti Marwati Dewi, H. Ahmad Muzayyin, S.E.I., M.E, 2023 : Analisis Penentuan Harga dan Margin Pada Pembiayaan Murabahah di BMT UGT Nusantara Capem Arjasa Kabupaten Jember.
BMT merupakan lembaga yang memiliki tujuan untuk menampung dana masyarakat dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat terutama pengusaha kecil bawah dan kecil menengah. BMT memberikan fasilitas pembiayaan berdasarkan prinsip syariah seperti, murabahah, mudharabah, musyarakah, dan qardh. Namun, pembiayaan yang paling dominan pada pembiayaan murabahah. Murabahah adalah akad jual beli barang dengan menyatakan harga perolehan dengan tambahan keuntungan (margin) yang disepakati antara penjual dan pembeli.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penentuan harga dan margin pada pembiayaan murabahah di BMT UGT Nusantara Capem Arjasa Kabupaten Jember? 2) Bagaimana analisis perilaku konsumen pada pembiayaan murabahah di BMT UGT Nusantara Capem Arjasa Kabupaten Jember? 3) Bagaimana mekanisme pembiayaan murabahah yang dilakukan BMT UGT Nusantara Capem Arjasa Kabupaten Jember?.
Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui penentuan harga dan margin pada pembiayaan murabahah di BMT UGT Nusantara Capem Arjasa Kabupaten Jember. 2) untuk mengetahui analisis perilaku konsumen pada pembiayaan murabahah di BMT UGT Nusantara Capem Arjasa Kabupaten Jember. 3) untuk mengetahui mekanisme pembiayaan murabahah yang dilakukan BMT UGT Nusantara Capem Arjasa Kabupaten Jember.
Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini bersifat deskriptif, menganalisis penentuan harga dan margin pada pembiayaan murabahah. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini pengumpulan data (data colletion), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion). Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa 1) Penentuan harga di BMT UGT Nusantara Capem Arjasa Kabupaten Jember hanya memasukkan harga awal + keuntungan yang telah disepakati, sedangkan penentuan margin menggunakan metode keuntungan flat dan sebelum melakukan kesepakatan mengenai margin bisa dilakukan tawar menawar terlebih dahulu antara pihak BMT dan nasabah. 2) Analisis perilaku konsumen yaitu, pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian dan perilaku pascapembelian. 3) Mekanisme pembiayaan murabahah terdiri dari 7 mekanime yaitu mengajukan pembiayaan ke kantor BMT, wawancara dengan calon nasabah, tahap analisis berkas pembiayaan, peninjauan lokasi usaha, analisis kelayakan pembiayaan meliputi karakter, kemampuan, permodalan, dan jaminan, berkas diajukan ke komite pembiayaan, dan proses pencairan pembiayaan.
Kata kunci: Harga, Margin, Murabahah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140103 Mathematical Economics
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Dwi Jayanti Marwati Dewi
Date Deposited: 05 Jul 2023 03:08
Last Modified: 05 Jul 2023 03:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25044

Actions (login required)

View Item View Item