Penerapan Media Stiker Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini Pada Kelompok Bermain Baiturrahman Sukowono Jember Tahun Ajaran 2022/2023

aheroh, suhulatul (2023) Penerapan Media Stiker Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini Pada Kelompok Bermain Baiturrahman Sukowono Jember Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Suhulatul Aheroh_T20195026.pdf

Download (3MB)

Abstract

Media stiker sebagai media untuk pengembangan motorik halus anak usia dini pada Kelompok Bermain Baiturrahman ini sangat penting dilakukan penelitian. Media stiker sebagai media pembelajaran ini salah satu kegiatan pembelajaran yang dimana anak dapat belajar sambil bermain dan juga sebagai bahan utama. Pada Kelompok Bermain Baiturrahman media stiker menjadi salah satu cara dalam membantu perkembangan motorik halus anak dengan cara menempelkannya karena dalam kegiatan terseebut anak diajari untuk mengenal bentuk, warna, teliti, tanggung jawab dan sabar. Adapun fokus penelitian dalam skripsi ini adalah “bagaimana penerapan media stiker dalam mengembangkan motorik halus anak usia dini pada Kelompok Bermain Baiturrahman Sukowono Jember Tahun Ajaran 2022/2023?”. Sedangkan tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan media stiker dalam mengembangkan motorik halus anak usia dini pada Kelompok Bermain Baiturrahman Sukowono Jember Tahun Ajaran 2022/2023 Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini mengguanakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Adapun teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis datanya maka peneliti menggunakan model Miles dan Huberman yang dimulai dari kondensasi data dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek keasahan data, peneliti menggunakan trangulasi sumber dan trangulasi teknik. Hasil penelitian ini diperoleh sebuah kesimpulan yaitu bahwa penerapan media stiker dalam mengembangkan motorik halus anak usia dini pada Kelompok Bermain Baiturrahman Sukowono Jember tahun ajaran 2022/2023 sudah diterapkan dengan baik sesuai dengan langkah-langkahnya, yaitu pertama guru mempersiapkan ruangan dan perlengkapan media pembeljaaraan menempel stiker, guru melakukan apersepsi daan motivasi anak dengan mengadakan tanya jawab tentang materi pembelajaaran yang berkaitan dengan kompetensi dasar yang akan dibahas, guru menyampaikan tujuan pembelajaran, guru menyampaikan aturan permainan dan penjelasan mengenai pembelajaran, guru memberi contoh berbagai bentuk dan gambar dalam menempel stiker, anak memperhatikan dan kemudian anak mencoba menempel stiker sendiri, guru mengamati sambil memberi penilaian,dan guru mengevaluasi dengan mengajukan tanya jawab tentang hasil karyanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Library Suhulatul Aheroh
Date Deposited: 06 Jul 2023 00:36
Last Modified: 06 Jul 2023 00:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25045

Actions (login required)

View Item View Item