IMPLEMENTASI MODEL CARTER DALAM PELAYANAN DIGITAL DI BANK SYARIAH INDONESIA KCP BANYUWANGI S. PARMAN

Firdaus, Safira Sasabila (2023) IMPLEMENTASI MODEL CARTER DALAM PELAYANAN DIGITAL DI BANK SYARIAH INDONESIA KCP BANYUWANGI S. PARMAN. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SAFIRA SASABILA FIRDAUS_E20191181.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK
Safira Sasabila Firdaus, 2023: Implementasi Model CARTER Dalam Pelayanan Digital di Bank Syariah Indonesia KCP Banyuwangi S. Parman
Kata kunci: model CARTER, pelayanan digital, bank syariah
Teknologi saat ini menjadi alat yang dapat membantu sebagian besar kebutuhan orang dan juga dapat mempermudah penyelesaian berbagai tugas dan pekerjaan. Peran penting teknologi inilah yang membawa peradaban manusia memasuki di tahap digital. Model CARTER yang dikembangkan oleh Othman dan Owen adalah hasil dari upaya penerapan pengukuran kualitas layanan pada perbankan syariah. Model CARTER dapat digunakan di perbankan syariah untuk meningkatkan kualitas layanan untuk meningkatkan penetrasi pasar dan keberhasilan bisnis.
Fokus permasalah yang hendak diteliti ialah: 1) Bagaimana Implementasi Model CARTER Dalam Pelayanan Digital Di Bank Syariah Indonesia KCP Banyuwangi S. Parman? 2) Bagaimana Dampak Model CARTER Dalam Pelayanan Digital Di Bank Syariah Indonesia KCP Banyuwangi S. Parman?
Tujuan dari adanya penelitian ini adalah: 1) Untuk Mengetahui Model CARTER Dalam Pelayanan Digital Di Bank Syariah Indonesia KCP Banyuwangi S. Parman. 2) Untuk Mengetahui Dampak Model CARTER Dalam Pelayanan Digital Di Bank Syariah Indonesia KCP Banyuwangi S. Parman.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Teknik penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan yakni melalui observasi, wawancara, dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa 1) Model CARTER dalam pelayanan digital di Bank Syariah Indonesia KCP Banyuwangi S. Parman sudah baik jika dilihat dari kepuasan nasabah terhadap pelayanan digital yang diberikan dari dimensi compliance, assurance, reliability, tangiable, empathy, responsiveness. Dan dalam penelitian ini dimemnsi yang paling berpengaruh merupakan dimensi compliance. 2) Dampak Model CARTER dalam pelayanan digital Pertama, meningkatakan efisiensi dan produktifitas bank dalam memberikan layanan kepada nasabah.Kedua, meningkatkan kepuasan kepuasan nasabah dan memperluas jangkauan bank. Ketiga, Layanan digital dapat mempercepat proses transaksi dan memudahkan nasabah dalam mengakses layanan perbankan. Keempat, literasi keuangan digital yang masih rendah dan infrastuktur teknologi informasi yang belum merata di indonesia juga menjadi tantangan dalam pengembangan layanan digital banking. Kelima, risiko keamanan dan privasi data nasabah selain itu layanan digital juga dapat meningkatkan risiko penipuan online.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: ms safira sasabila firdaus
Date Deposited: 05 Jul 2023 09:14
Last Modified: 05 Jul 2023 09:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25048

Actions (login required)

View Item View Item