PENERAPAN MODEL MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 11 JEMBER TAHUN AJARAN 2022/2023

Fatmala, Elzzan (2023) PENERAPAN MODEL MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 11 JEMBER TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ.

[img] Text
Elzzan Novia Eka Fatmala_T20191122.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci: Model, Mind mapping, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Peran pendidik begitu penting dalam proses pembelajaran, tidak sekadar memahami dan mentransfer informasi. Pendidik juga harus memiliki kemampuan untuk mendesain, menerapkan model pembelajaran yang tepat, dan sebanding dengan pemahaman peserta didik. Pembelajaran biasanya hanya melalui ceramah, yang membuat peserta didik bosan dan tidak bersemangat. Mind mapping salah satu model yang dapat diterapkan di dalam kelas, membantu peserta didik dalam membuat catatan. Peserta didik diberi insentif untuk berpikir secara kreatif dan inovatif, serta diberi bimbingan untuk menyampaikan konsep-konsep yang telah disimpan dalam memori.
Fokus penelitian yaitu: 1) Bagaimana penerapan model mind mapping dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 11 Jember Tahun Ajaran 2022/2023? 2) Apa saja kelebihan dan kekurangan penerapan model mind mapping dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 11 Jember Tahun Ajaran 2022/2023?
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Tahap-tahap penelitian, tahap pra lapangan, pelaksanaan, analisis, dan penulisan laporan.
Penelitian ini memperoleh hasil bahwa, penerapan model mind mapping dalam Pendidikan Agama Islam sangat membantu peserta didik belajar. Mind mapping adalah teknik mencatat kreatif yang sederhana dan menyenangkan. Peserta didik dibagi menjadi sembilan kelompok kecil, dengan empat sampai lima anak pada setiap kelompok. Untuk berkreasi, peserta didik menggunakan media yang tersedia di sekitar, termasuk kardus bekas atau majalah lama. Terdapat kelebihan dan kekurangan model mind mapping. Kelebihannya yaitu: membantu peserta didik menjadi kreatif, lebih percaya diri dalam bertanya, berpendapat, dan menjawab, serta belajar berpikir kritis. Kekurangannya yaitu: minimnya contoh gambar, bagan, lambang, dan symbol, serta bagi peserta didik yang minat bacanya kurang akan kesulitan menemukan ide dalam materi, sehingga mereka perlu membaca ulang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0801 Artificial Intelligence and Image Processing > 080106 Image Processing
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1901 Art Theory and Criticism > 190103 Art Theory
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Me Elzzan Fatmala
Date Deposited: 05 Jul 2023 02:58
Last Modified: 05 Jul 2023 02:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25053

Actions (login required)

View Item View Item