Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika Terintegrasi Keislaman Berbasis Android Menggunakan Articulate Storyline 3 pada Materi Bilangan Bulat di SMPN 01 Maesan

Mubarak, Faisal (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika Terintegrasi Keislaman Berbasis Android Menggunakan Articulate Storyline 3 pada Materi Bilangan Bulat di SMPN 01 Maesan. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FAISAL MUBARAK_T20187088.pdf

Download (14MB)

Abstract

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Android menggunakan Articulate Storyline 3, Bilangan Bulat
Seiring berkembangnya zaman, teknologi berkembang pesat dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari dunia pendidikan. Padahal, pendidikan akan selalu beradaptasi dengan perkembangan teknologi, terutama dalam proses pembelajaran. Untuk itu, khususnya di bidang matematika yang dianggap sebagai momok pembelajaran sekarang atau di masa lalu, dibutuhkan suatu media pembelajaran yang menarik.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menghasilkan produk yang valid untuk diterapkan sebagai media pembelajaran interaktif matematika terintegrasi keislaman berbasis android menggunakan Articulate Storyline 3, 2) menghasilkan produk yang praktis untuk diterapkan sebagai media pembelajaran interaktif matematika terintegrasi keislaman berbasis android menggunakan Articulate Storyline 3, 3) menghasilkan produk yang efektif untuk diterapkan sebagai media pembelajaran interaktif matematika terintegrasi keislaman berbasis android menggunakan Articulate Storyline 3.
Penelitian ini adalah peneitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model penelitian Borg & Gall. Tahap research and information collecting melakukan pemilihan sekolah, pemilihan materi dan analisi kebutuhan. Tahap planning melakukan perancangan media pembelajaran beserta instrumen penelitian. Tahap Penyusunan media pembelajaran melakukan pengembangan media pembelajaran dan instrument penelitian sesuai yang telah direncanakan. Tahap Uji Validitas Ahli melakukan suatu proses penelitian untuk menentukan valid tidaknya data. Tahap Revisi Produk melakukan perbaikan berdasarkan saran, kritik dan umpan balik dari para ahli. Tahap Uji coba lapangan melakukan uji coba produk kepada siswa dan guru matematika. Tahap Revisi Produk Akhir melakukan perbaikan berdasarkan hasil angket terhadap respon dari guru dan siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan media pembelajaran memperoleh rata-rata sebesar 4,91 dengan kategori “sangat baik/sangat valid”.Kepraktisan media pembelajaran dari respon siswa sebesar 84,96% dari seluruh aspek dengan kategori “sangat kuat” dan respon guru sebesar 98,67% dengan kategori “sangat kuat”. keefektifan media dilihat dari persentase ketuntasan posttest siswa secara klasikal sebesar 91,23% dengan kategori “sangat efektif” yang berarti bahwa media pembelajaran interaktif matematika android menggunakan Articulate Storyline 3 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan demikian media pembelajaran interaktif matematika android menggunakan Articulate Storyline 3 dikatakan layak dengan kategori valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010301 Numerical Analysis
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr Faisal Mubarak
Date Deposited: 06 Jul 2023 03:59
Last Modified: 06 Jul 2023 03:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25065

Actions (login required)

View Item View Item