PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 JEMBER

Nuryuliana, Nina (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII DI SMP NEGERI 6 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
NINA NURYULIANA-T20197003..pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Kemampuan Berpikir Kritis Siswa, Statistika.
Permasalahan yang ada di SMP Negeri 6 Jember ialah minimnya kemampuan berpikir kritis siswa, sehingga mengakibatkan kesulitan bagi siswa dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. Hal ini dapat dilihat dari nilai siswa yang masih banyak di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penyebab dari permasalahan tersebut dikarenakan kurang variatifnya model pembelajaran yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar di kelas. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi statistika kelas VIII di SMP Negeri 6 Jember. 2) Adakah pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi statistika kelas VIII dii SMP Neigeirii 6 Jeimbeir? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa test kemampuan berpikir kritis siswa, dokumentasi. Kemudian, teknik analisis data penelitian ini menggunakan statistik yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial uji t dengan uji pra-syarat uji normalitas dan uji homogenitas. Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa: 1) Kemampuan berpikir kritis siswa sebelum pembelajaran ialah kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata yang sama yaitu 31. Kemudian setelah diterapkan model pembelajaran kelas kontrol memiliki rata-rata 61,9 dan kelas eksperimen memiliki rata-rata 90,8. Maka terdapat pengaruh yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen dapat dilihat dari uji hipotesis dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan kata lain, adanya peingaruh modeil peimbeilajaran koopeiratiif tiipei STAD terhadap keimampuan beirpikir kritis siswa pada materi statistika di SMPN 6 Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs Nina Nuryuliana
Date Deposited: 05 Jul 2023 08:26
Last Modified: 05 Jul 2023 08:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25068

Actions (login required)

View Item View Item