Analisis Kemampuan Berpikir Logis Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Masalah Materi Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent Di Mtsn 6 Jember

Anita, Wisyaka Harini (2023) Analisis Kemampuan Berpikir Logis Matematis Siswa Kelas VII Dalam Menyelesaikan Masalah Materi Aritmatika Sosial Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent Dan Field Independent Di Mtsn 6 Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI_ANITA WISYAKA HARINI_compressed.pdf

Download (4MB)

Abstract

Anita Wisyaka Harini, 2023 : Analisis Kemampuan Berpikir Logis Matematis Siswa Kelas VII dalam menyelesaikan Masalah Materi Aritmatika Sosial Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent di MTsN 6 Jember.

Kata Kunci : Analisis Berpikir Logis, Masalah Aritmatika Sosial, Field Dependent dan Field Independent.

Penyelesaian permasalahan matematika, tentunya akan melatih peserta didik untuk mengembangkan kemampuan berpikir logis matematis. Setiap siswa dalam menyelesaikan suatu permasalahan matematika ada yang langsung memahami suatu konsep matematika dengan cara membaca saja, ada yang juga harus memperhatikan guru ketika menjelaskan. Perbedaan tersebut adalah perbedaan yang di pengaruhi oleh gaya kognitif.
Fokus penelitian ini yaitu :1) Bagaimana kemampuan berpikir logis matematis siswa field dependent kelas VII dalam menyelesaikan masalah matematika materi aritmatika di MTsN 6 Jember ? 2) Bagaimana kemampuan berpikir logis matematis siswa field independent kelas VII dalam menyelesaikan masalah matematika materi aritmatika di MTsN 6 Jember ?
Tujuan penelitian ini adalah untuk :1) Mendeskripsikan kemampuan berpikir logis matematis siswa field dependent kelas VII dalam menyelesaikan masalah matematika materi aritmatika di MTsN 6 Jember. 2) Mendeskripsikan kemampuan berpikir logis matematis siswa field independent kelas VII dalam menyelesaikan masalah matematika materi aritmatika di MTsN 6 Jember.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini dilakukan di MTsN 6 Jember. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes (Group Embedded Figure Test) GEFT,tes kemampuan berpikir logis matematis, dan pedoman wawancara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Data yang dianalisis adalah data hasil tes GEFT kepada 28 siswa kelas VII D MTsN 6 Jember untuk diambil 2 Field Dependent dan 2 Field Independent, data hasil tes kemampuan berpikir logis matematis, dan hasil wawancara. Triangulasi dalam penelitian ini yaitu triangulasi sumber dan metode.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa :1) gaya kognitif Fiel Dependent pada kode SFD1 pada soal nomor 1 dan 2 hanya melakukan tiga indikator berpikir logis matematis. Sedangkan pada kode SFD2 pada soal nomor 1 hanya melakukan dua. Pada soal nomor 2 melakukan seluruh indikator berpikir logis matematis. 2) Gaya kognitif Fiel Independent kedua kode yaitu SFI 1 dan SFI 2 pada soal nomor 1 dan 2 melakukan seluruh indikator berpikir logis matematis yaitu menjelaskan makna atau definisi berdasarkan akal,membuat hubungan logis diantara konsep dan fakta yang berbeda, menduga menguji berdasarkan akal, menyelesaikan masalah secara rasional dan menarik kesimpulan yang logis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010207 Theoretical and Applied Mechanics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: FTIK Matematika Anita Wisyaka Harini
Date Deposited: 05 Jul 2023 02:07
Last Modified: 05 Jul 2023 02:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25069

Actions (login required)

View Item View Item