ADAPTASI MAHASISWA PERANTAUAN ASAL KALIMANTAN YANG MENGALAMI CULTURE SHOCK DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER

Nisa, Choirunnisa' (2023) ADAPTASI MAHASISWA PERANTAUAN ASAL KALIMANTAN YANG MENGALAMI CULTURE SHOCK DI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER. Undergraduate thesis, UIN K.H. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Choirunnisa'_D20195015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Choirunnisa’, 2023 : Adaptasi Mahasiswa Perantauan Asal Kalimantan Yang Mengalami Culture Shock di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember
Kata Kunci : Culture Shock, Mahasiswa Perantauan
Culture shock merupakan fenomena yang terjadi didalam diri mahasiswa perantauan. banyaknya mahasiswa perantauan di Indonesia yang belum bisa adaptasi dengan lingkungan barunya. Ketika masih disekolah menengah tentu banyak yang masih ada dalam lingkungan keluarga dan ada tempat untuk bergantung dan bersandar. Tetapi, ketika kuliah tentu semua hal harus dapat dikerjakan sendiri, termasuk adaptasi dengan lingkungan barunya. Apalagi jika kuliah di tempat yang berbeda kota atau provinsi dengan orangtua, dan orang orang terdekat selama masih berada di sekolah menengah. Adanya perbedaan bahasa dan budaya menjadi penghambat dalam mencapai kesuksesan yang diinginkan.
Fokus Penelitian pada skripsi ini yaitu : 1) Bagaimana proses adaptasi mahasiswa perantauan asal Kalimantan yang mengalami Culture Shock di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember?, dan 2) Bagaimana upaya adaptasi mahasiswa perantauan asal Kalimantan dalam mengatasi culture shock?.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dengan tujuan menggambarkan suatu fenomena secara sistematis, faktual dan akurat. Lokasi penelitian ini di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Penelitian ini mendapatkan hasil temuan : 1) Mahasiswa merasakan fase yang terdapat dalam culture shock, yakni fase honeymoon, fase crisis, fase recovery dan fase adjustment, dan 2) Upaya yang dilakukan mahasiswa dalam mengatasi culture shock dengan menyesuaikan diri dan membuat ruang tersendiri bagi mahasiswa perantauan. Yakni melakukan upaya peniruan bahasa, penyesuaian lingkungan, kepercayaan dan penerimaan diri, kesepakatan kelompok, ketaatan kepada teman, dan membuat ruang tersendiri ketika adaptasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170113 Social and Community Psychology
Depositing User: Miss Choirunnisa' Nisa
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:25
Last Modified: 06 Jul 2023 02:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25071

Actions (login required)

View Item View Item