Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Sistem Koordinasi Manusia Kelas XI MIPA di Sekolah Berbasis Pondok Pesantren SMA Al Falah Silo Jember

Gunawan, Indrie Ayu Fahmi (2023) Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Materi Sistem Koordinasi Manusia Kelas XI MIPA di Sekolah Berbasis Pondok Pesantren SMA Al Falah Silo Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi indrie watermark.pdf

Download (53MB)

Abstract

Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Berbasis Pondok Pesantren
Sekolah SMA Al Falah Silo Jember merupakan sekolah dibawah naungan
Yayasan Pondok Pesantren Al Falah. Siswa SMA Al Falah khususnya kelas XI
MIPA menurut hasil wawancara peneliti dengan guru dan juga siswa, pelajaran
biologi yang membuat siswa kesulitan belajar, yaitu materi yang berkaitan dengan
organ tubuh dan materi yang didalamnya banyak nama-nama ilmiah, yaitu materi
sistem koordinasi manusia.
Fokus penelitian dari skripsi ini adalah: 1) Bagaimana kesulitan belajar
siswa pada materi sistem koordinasi manusia kelas XI MIPA di sekolah berbasis
pondok pesantren SMA Al Falah Silo Jember?. 2) Faktor-faktor apa saja yang
menyebabkan kesulitan belajar siswa pada materi sistem koordinasi manusia kelas
XI MIPA di sekolah berbasis pondok pesantren SMA Al Falah Silo Jember?. 3)
Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa pada materi
sistem koordinasi manusia kelas XI MIPA di sekolah berbasis pondok pesantren
SMA Al Falah Silo Jember?.
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui kesulitan belajar siswa
pada materi koordinasi kelas XI MIPA di sekolah berbasis pondok pesantren
SMA Al Falah Silo Jember. 2) Untuk menjelaskan faktor-faktor yang
menyebabkan kesulitan belajar siswa pada materi manusia kelas XI MIPA di
sekolah berbasis pondok pesantern SMA Al Falah Silo Jember. 3) Untuk
mengetahui upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa
pada materi sistem koordinasi manusia kelas XI MIPA di sekolah berbasis pondok
pesantren SMA Al Falah Silo Jember.
Pendekatan yang digunakan peneliti adalah kualitatif: jenis penelitian ini
adalah field research (penelitian lapangan). Penelitian ini digunakan untuk
memahami fenomena, tentang apa yang dialami subjek penelitian. Adapun teknik
pengumpulan dalam skripsi ini menggunakan observasi partisipasif, dokumentasi,
wawancara semiterstuktur, dan angket. Sedangkan analisis data menggunakan
model analisis data interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman dan
keabsahan datanya menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Kesulitan belajar siswa pada
materi sistem koordinasi manusia kelas XI MIPA di sekolah berbasis pondok
pesantren SMA Al Falah Silo Jember yaitu sebagian besar siswa mengalami
kesulitan belajar ditandai dengan hasil yang dicapai rendah atau dibawah KKM.
2) Faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa yaitu faktor internal dan
eksternal. 3) Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa
yaitu guru menyuruh siswa membuat rangkuman materi dan mengadakan remedi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0604 Genetics > 060499 Genetics not elsewhere classified
Depositing User: Indrie Ayu Fahmi Gunawan
Date Deposited: 05 Jul 2023 02:38
Last Modified: 05 Jul 2023 02:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25084

Actions (login required)

View Item View Item