Hukum Acara Perdata Sebuah Pengantar

Basri, Achmad Hasan and Suryanti, Rina (2023) Hukum Acara Perdata Sebuah Pengantar. Al-Bidayah, Jember. ISBN 978-623-6441-41-1

[img] Text
BUKU HUKUM ACARA PERDATA (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Guna menegakkan hukum materiil diperlukan hukum formil (hukum acara). Buku ini merupakan pengantar dasar untuk mengetahui dan memahami proses beracara perdata di Pengadilan. Dalam buku ini juga diulas secara komprehensif berdasarkan teori, aturan terbaru serta contoh kasus yang mungkin sering terjadi dalam kehidupan bermasyarakat sehingga memudahkan bagi pembaca untuk memahaminya. Diantara pembahasannya yaitu tentang tata cara atau pedoman beracara di Pengadilan mulai dari pengertian, asas-asas, sumber hukum acara perdata, kompetensi pengadilan, penuntutan hak, upaya hukum, dan pelaksanaan putusan.
Selain itu, buku ini juga memberikan gambaran bagaimana cara menyusun surat kuasa, gugatan, permohonan, eksepsi, pembuktian. Materi hukum acara perdata merupakan lanjutan dari hukum perdata. Sasaran pembelajarannya menitik beratkan kepada penguasaan rangkaian peraturan-peraturan bagaimana orang harus bertindak di muka pengadilan, dan cara bagaimana bertindak satu sama lain untuk melaksanakan hukum perdata materiil. Buku ini tidak hanya memberikan kajian teoritis serta dasar-dasar beraca saja, melainkan juga dilengkapi dengan contoh kasus serta cara bagaimana menyusun sebuah gugatan, sehingga akan mempermudah bagi mahasiswa maupun praktisi dalam bertugas.
Harapannya setelah membaca dan menelaah buku ini, pembaca akan mendapatkan wawasan dan pemahaman secara teori yang disertai contoh kasusnya terkait aspek-aspek beracara perdata di Pengadilan secara menyeluruh. Semoga buku ini bermanfaat bagi Mahasiswa, kalangan praktisi, profesi dan bagi siapapun yang membacanya terlebih dapat memberikan sumbangsih pemikiran terhadap perkembangan ilmu hukum acara perdata di Indonesia.

Item Type: Book
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180104 Civil Law and Procedure
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Achmad Hasan Basri
Date Deposited: 05 Jul 2023 02:43
Last Modified: 05 Jul 2023 02:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25086

Actions (login required)

View Item View Item