PENGARUH MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR MATERI BIOTEKNOLOGI PANGAN PADA SISWA KELAS IX SMP/MTS

Maghfiroh, Anjali Lailatul (2023) PENGARUH MODEL SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR MATERI BIOTEKNOLOGI PANGAN PADA SISWA KELAS IX SMP/MTS. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
ANJALI LAILATUL MAGHFIOROH_T201910006_TADRIS IPA_.pdf

Download (32MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya partisipasi siswa dalam keterampilan proses sains dan hasil belajar IPA di MTs Bahrul Ulum. Rendahnya prestasi ini disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk proses pembelajaran yang masih sangat tergantung pada peran guru serta penggunaan model pembelajaran yang konvensional seperti ceramah, tanya jawab dan tugas rumah. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan alternatif yang dapat memberikan kesempatan pada siswa untuk mengembangkan pengetahuan mereka dan mengeksplorasi ide-ide mereka sendiri agar lebih aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu, salah satu alternatif yang diusulkan adalah penerapan model sains teknologi masyarakat, yang memungkinkan siswa untuk lebih terlibat dalam proses pembelajaran dan membangun pengetahuan mereka secara mandiri.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: Adakah pengaruh model sains teknologi masyarakat (STM) terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar materi bioteknologi pangan pada siswa kelas IX SMP/MTs. Tujuan penelitian yang dilakukan oleh peneliti yaitu untuk mengetahui pengaruh model sains teknologi masyarakat (STM) terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar materi bioteknologi pangan pada siswa kelas IX SMP/MTs.
Penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment Design dengan rancangan nonequivalent grub posttest only design. Pengambilan sampel dari populasi menggunakan teknik Purposive Sampling yaitu kelas IX B yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas IX C yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes,angket dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji Independent Sampel T-Test. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskripstif dan statistik inferensial.
Berdasarkan hasil uji-t pada angket keterampilan proses sains belajar siswa diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,002 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan pada hasil belajar melalui nilai Posttest memiliki nilai signifikansi 0,000 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan model sains teknologi masyarakat terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar materi bioteknologi pangan pada siswa kelas IX MTs Bahrul Ulum.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 10 TECHNOLOGY > 1001 Agricultural Biotechnology > 100199 Agricultural Biotechnology not elsewhere classified
Depositing User: Ms anjali lailatul maghfiroh
Date Deposited: 06 Jul 2023 00:24
Last Modified: 06 Jul 2023 00:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25091

Actions (login required)

View Item View Item