KEPEMIMPINAN KEPALA SEKSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN JEMBER DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PAI MELALUI WORKSHOP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

Munawaroh, Lum'atul (2023) KEPEMIMPINAN KEPALA SEKSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KANTOR KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN JEMBER DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU PAI MELALUI WORKSHOP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
Lum'atul Munawaroh_ T20193103.pdf

Download (2MB)

Abstract

Lum’atul Munawaroh, 2023: Kepemimpinan Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jember dalam Meningkatkan Kompetensi Guru PAI Melalui Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka.
Kata kunci: Kepemimpinan Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam, kompetensi guru, workshop implementasi kurikulum merdeka
Kompetensi guru memiliki peranan penting dalam mengelola pembelajaran terutama terhadap program merdeka belajar yang bertujuan memberikan kebebasan berfikir secara kreatif kepada siswa dalam mengembangkan pengetahuan dan potensinya. Oleh sebab itu, untuk menyokong keberhasilan penerapan kurikulum merdeka Kasi PAIS Kementerian Agama Kabupaten Jember menggelar Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka yang dikemas secara interaktif.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana kepemimpinan Kasi PAIS Kementerian Agama Kota Jember dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI melalui workshop Implementasi kurikulum merdeka ? 2) Bagaimana kepemimpinan Kasi PAIS Kementerian Agama Kota Jember dalam meningkatkan kompetensi profesional guru PAI Melalui workshop Implementasi kurikulum merdeka.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan kepemimpinan Kasi PAIS Kementerian Agama Kota Jember dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru PAI melalui workshop implementasi kurikulum merdeka. 2) Untuk mendeskripsikan kepemimpinan Kasi PAIS Kementerian Agama Kota Jember dalam meningkatkan kompetensi profesional guru PAI melalui workshop IKM.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Data yang dikumpulkan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian, analisis data dalam penelitian ini memiliki komponen kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang diperoleh dari kegiatan Workshop implementasi kurikulum merdeka.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa 1) Workshop implementasi kurikulum merdeka menyokong peningkatan kompetensi pedagogik dalam menyajikan materi serta pendampingan pelatihan asesmen diagnostik. Guru dibimbing untuk menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik dengan memanfaatkan microsoft power point dan powtoon untuk meyajikan presentasi dan animasi vidio interaktif agar menumbuhkan semangat dan daya tarik peserta didik dalam memahami pembelajaran. 2) Dalam penerapannya para guru dilatih dalam mengembangkan materi pembelajaran yang kreatif dengan pemanfaatan ilmu teknologi pembelajaran misalnya dengan memanfaatkan screencast, podcast, platform quiz dan media lainnya dalam mengadakan pembelajaran yang berdiferensiasi untuk mendukung peserta didik menghasilkan produk/ proyek hasil belajar. Kegiatan pengarahan evaluasi dilaksanakan dalam forum rapat oleh Kasi PAIS yang melibatkan Ketua pokjawas dan para pengawas PAI serta membahas data hasil evaluasi para pengawas PAI terhadap lembaga binaannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Depositing User: Me Lum'atul Munawaroh
Date Deposited: 05 Jul 2023 07:58
Last Modified: 05 Jul 2023 07:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25092

Actions (login required)

View Item View Item