PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN PORTAL RUMAH BELAJAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS VII SEMESTER GENAP DI SMPN 7 JEMBER

Fikria, Vida Azka (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN PORTAL RUMAH BELAJAR SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI EKOSISTEM KELAS VII SEMESTER GENAP DI SMPN 7 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Ahmad Siddiq.

[img] Text
SKRIPSI BISMILLAH revisi good.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Vida Azka, 2023 : Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Portal Rumah Belajar Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekosistem Kelas VII Semester Genap di SMPN 7 Jember.
Kata Kunci : Flipped Classroom, Portal Rumah Belajar, Hasil Belajar

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah pada kelas VII di SMP Negeri 7 Jember. Salah satu faktor yang mempengaruhi yaitu alokasi waktu pembelajaran yang terbatas, serta tingkat pemahaman siswa yang berbeda- beda. Sehingga, mengakibatkan banyaknya materi yang tidak tersampaikan ke siswa. Salah satu alternatif yang diharapkan dapat menjadi solusi adalah dengan menerapkan model pembelajaran Flipped Classroom Berbantuan Portal Rumah Belajar Sebagai Sumber Belajar. Dengan ini, siswa dapat mempelajari materi di rumah dengan video yang telah disajikan oleh guru. Sehingga, pembelajaran di kelas lebih efektif dan praktis.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran flipped classroom berbantuan portal rumah belajar sebagai sumber belajar Pada Materi Ekosistem Kelas VII Semester Genap di SMPN 7 Jember?. (2) Adakah pengaruh model pembelajaran flipped classroom berbantuan portal rumah belajar sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa Pada Materi Ekosistem Kelas VII Semester Genap di SMPN 7 Jember?. Dengan tujuannya yaitu: (1) Dapat mengetahui penerapan model pembelajaran flipped classroom berbantuan portal rumah belajar sebagai sumber belajar Pada Materi Ekosistem Kelas VII Semester Genap di SMPN 7 Jember. (2) Dapat mengetahui adanya pengaruh penerapan model pembelajaran flipped classroom berbantuan portal rumah belajar sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa Pada Materi Ekosistem Kelas VII Semester Genap di SMPN 7 Jember.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi experiment dengan desain non- equivalent control group design. Pengambilan sampel dengan populasi menggunakan Purposive Sampling yaitu kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan dalam pengujian hipotesis yaitu Independent Sample t- test.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Penerapan model pembelajaran flipped classroom berbantuan portal rumah belajar sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa Pada Materi Ekosistem Kelas VII Semester Genap di SMPN 7 Jember dilakukan dengan tiga tahapan menurut Gauriou yang diadaptasi dari Estes (2014) yaitu Pree class, In Class dan After Class. Pada masing- masing tahap terdapat aktifitas yang memberikan dampak dalam keaktifan serta hasil belajar siswa. (2) Adanya pengaruh penerapan model pembelajaran flipped classroom berbantuan portal rumah belajar sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa Pada Materi Ekosistem Kelas VII Semester Genap di SMPN 7 Jember. Hal ini berdasarkan hasil pengujian hipostesis dengan uji Independent sampel t test pada hasil belajar siswa kelas VII SMPN 7 Jember yang menunjukkan bahwa nilai sig. 0, 034 < 0,05.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Vida Azka VA Fikria
Date Deposited: 06 Jul 2023 01:26
Last Modified: 06 Jul 2023 01:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25093

Actions (login required)

View Item View Item