Peran Ustadz dalam Menanamkan Pendidikan Agama Islam bagi Muallaf di Masjid Muhammad Cheng Hoo Kabupaten Jember

Jannah, Novinda Roudhotul (2023) Peran Ustadz dalam Menanamkan Pendidikan Agama Islam bagi Muallaf di Masjid Muhammad Cheng Hoo Kabupaten Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Novinda Roudhotul Jannah_0849319076-1.pdf

Download (9MB)

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari, kata Muallaf menunjuk pada orang yang keIslamannya tidak sejak lahir. Artinya seseorang dikatakan Muallaf jika awalnya
dia beragama tertentu kemudian memutuskan untuk masuk Islam. Maka
menanamkan pendidikan agama Islam merupakan dakwah tauhid untuk
memperkuat iman para Muallaf. Sebagaimana para muallaf yang terdapat di
masjid Muhammad Cheng Hoo Kabupaten Jember. Peranan seorang guru menjadi
hal penting untuk menjaga akidah para muallaf agar mampu mengembangkan diri
sebagai pribadi yang berkarakter kuat atas keyakinannya. Karena guru memiliki
kesatuan peran dan fungsi yang tidak terpisahkan, antara kemampuan mendidik,
membimbing, dan memberikan inspirasi.
Penelitian ini memiliki fokus yaitu 1) Bagaimana peran Ustadz sebagai
pendidik dalam menanamkan pendidikan agama Islam bagi muallaf di masjid
Muhammad Cheng Hoo Kabupaten Jember?, 2) Bagaimana peran Ustadz sebagai
pembimbing dalam menanamkan pendidikan agama Islam bagi muallaf di masjid
Muhammad Cheng Hoo Kabupaten Jember?, 3) Bagaimana peran Ustadz sebagai
inspirator dalam menanamkan pendidikan agama Islam bagi muallaf di masjid
Muhammad Cheng Hoo Kabupaten Jember?. Tujuan penelitian ini untuk
menganalisis peran Ustadz sebagai pendidik, sebagai pembimbing dan sebagai
inspirator dalam menanamkan pendidikan agama Islam bagi muallaf di masjid
Muhammad Cheng Hoo Kabupaten Jember, yang telah difokuskan dalam
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian studi
kasus. Subjek penelitian ini meliputi Ustadz, Muallaf dan Marbot. Teknik
pengumpulan data menggunakan observasi partisipasif pasif, wawancara semi
terstruktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif
kualitatif dengan model interaktif yang berpedoman pada Miles Huberman dan
Johny Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Adapun keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, tekhnik dan uji
konfirmabilitas.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Ustadz dalam menanamkan
pendidikan agama Islam bagi muallaf di masjid Muhammad Cheng Hoo
Kabupaten Jember. Pertama, sebagai pendidik beliau sebagai pemateri kegiatan
rutin kitab Nasooihul Ibad. Kedua, sebagai pembimbing berperan sebagai
pembimbing wisata religi dan pengikrar muallaf. Ketiga, sebagai inspirator beliau
berperan sebagai pelopor gerakan subuh berjamaah dan pengajar Al Qur’an.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130210 Physical Education and Development Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy
Depositing User: Novinda Roudhotul Jannah
Date Deposited: 05 Jul 2023 03:32
Last Modified: 05 Jul 2023 03:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25094

Actions (login required)

View Item View Item