Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI SMA Negeri Kalisat

Eka Rosita, Imelita (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas XI SMA Negeri Kalisat. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
TESIS-IMELITA EKA ROSITA.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK
Rosita, Imelita Eka, 2023. Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMA Negeri Kalisat Jember. Pembimbing I: Dr. H. Ubaidillah, M. Ag. Pembimbing II: Dr. H. Sofyan Hadi, M. Pd.

Kata kunci: Model Pembelajaran Flipped Classroom, Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar.

Flipped classroom disebut sebagai kelas terbalik dimana siswa secara mandiri baik individu atau kelompok mempelajari materi-materi pelajaran di rumah. Sedangkan kegiatan belajar mengajar di kelas hanya berupa pengerjaan tugas, berdiskusi tentang materi atau masalah yang belum dipahami ketika belajar di rumah. motivasi sebagai fenomena yang dilibatkan dalam perangsangan tindakan ke arah tujuan-tujuan tertentu yang sebelumnya kecil atau tidak ada gerakan sama sekali ke arah tujuan-tujuan tertentu. Hasil belajar adalah perwujudan perilaku belajar yang biasanya terlihat dalam perubahan, kebiasaan, keterampilan, sikap, pengamatan, dan kemampuan.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menjelaskan beberapa hal yaitu: 1) pengaruh model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran PAI kelas XI SMA Negeri Kalisat Jember. 2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran PAI kelas XI SMA Negeri Kalisat Jember. 3) pengaruh model pembelajaran flipped classroom dan motivasi terhadap hasil belajar peserta didik mata pelajaran PAI kelas XI SMA Negeri Kalisat Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi multivariat. Keseluruhan subjek penelitian yaitu siwa kelas XI di SMA Negeri Kalisat yang berjumlah 318 siswa dengan sampel yang diambil secara acak yaitu 76 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, nilai PTS, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data Analisis Regresi Linier Berganda. uji asumsi klasik dengan meliputi uji heteroskedastisitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji hipotesis. uji hipotesis meliputi uji f, uji t, uji koefesiensi determinan (r2).
Hasil dari penelitian ini yaitu:1) Pada variabel model flipped classrom (X1) nilai thitung sebesar -3,324 bernilai lebih besar dari ttabel 1,993 berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam di kelas XI SMA Negeri Kalisat Jember. 2) Pada variabel motivasi belajar (X2) thitung sebesar 3,338 bernilai lebih besar dari ttabel 1,993 berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan agama Islam di kelas XI SMA Negeri Kalisat Jember. 3) Pada nilai konstanta (nila a) sebesar 90,524 dan untuk variabel model flipped classroom (nilai b1) sebesar -0,251, dan motivasi belajar (nilai b2) sebesar 0,291. Dapat disimpulkan model flipped classroom dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI kelas XI SMA Negeri Kalisat Jember.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms ImelitaEka Rosita
Date Deposited: 06 Jul 2023 01:33
Last Modified: 06 Jul 2023 01:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25095

Actions (login required)

View Item View Item