PENERAPAN STRATEGI PROMOSI PADA PRODUK TABUNGAN HARMONI PLUS MELALUI SISTEM GREBEG PASAR PADA PT. BPR NUSAMBA RAMBIPUJI JEMBER

FAUZI, MOCH NUR (2023) PENERAPAN STRATEGI PROMOSI PADA PRODUK TABUNGAN HARMONI PLUS MELALUI SISTEM GREBEG PASAR PADA PT. BPR NUSAMBA RAMBIPUJI JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
MOCH NUR FAUZI_E20191028.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK
Moch Nur Fauzi, Siti Indah Purwaning Yuwana, S.Si., MM 2023: “Penerapan Strategi Promosi Pada Produk Tabungan Harmoni Plus Melalui Sistem Grebeg Pasar Pada PT. BPR Nusamba Rambipuji.”
Kata Kunci: Strategi, Bauran Promosi, Tabungan Harmoni Plus, Grebeg Pasar
Salah satu faktor yang mempengaruhi eksistensi bank adalah adanya para pesaing. Persaingan yang semakin ketat membutuhkan berbagai macam metode dan strategi agar bank dapat mempertahankan eksistensi bisnisnya. Dalam hal ini, PT BPR Nusamba Rambipuji menerapkan strategi promosi berupa grebeg pasar pada produk Tabungan Harmoni Plus guna mengimbangi persaingan bisnis dalam kegiatan promosi yang dilakukan oleh bank lainnya.
Fokus penelitian yang akan diteliti dalam penelitian ini yakni: 1) Bagaimana penerapan strategi promosi pada produk Tabungan Harmoni Plus melalui sistem grebeg pasar pada PT. BPR Nusamba Rambipuji? 2) Apa dampak yang dirasakan dalam penerapan strategi promosi pada produk Tabungan Harmoni Plus melalui sistem grebeg pasar pada PT. BPR Nusamba Rambipuji?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan strategi promosi pada produk Tabungan Harmoni Plus melalui sistem grebeg pasar pada PT. BPR Nusamba Rambipuji. 2) Untuk mengetahui dampak yang dirasakan dalam penerapan strategi promosi pada produk Tabungan Harmoni Plus melalui sistem grebeg pasar pada PT. BPR Nusamba Rambipuji.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode pengumpulan data, data reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah: 1) PT. BPR Nusamba Rambipuji menerapkan strategi promosi pada produk Tabungan Harmoni Plus dengan bauran promosi yang berupa periklanan, promosi penjualan, penjualan personal, hubungan masyarakat, dan pemasaran langsung. Grebeg pasar merupakan bentuk dari komponen bauran promosi hubungan masyarakat. BPR Nusamba Rambipuji menerapkan semua komponen bauran promosi diatas dalam strategi promosi yang digunakan. 2) Kendala yang dihadapi dalam penerapan strategi promosi melalui sistem grebeg pasar adalah keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM), kesulitan dalam mengkoordinasi tim, dan adanya kegiatan lain mendadak yang bersamaan dengan dilaksanakannya grebeg pasar sehingga pelaksanaan grebeg pasar ditunda. Adapun faktor eksternal yaitu faktor cuaca yang kurang mendukung saat ingin dilakukan grebeg pasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mr Moch Nur Fauzi
Date Deposited: 05 Jul 2023 07:17
Last Modified: 05 Jul 2023 07:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25108

Actions (login required)

View Item View Item