PENGEMBANGAN HANDOUT BIOLOGI BERBASIS GNT (GUIDED NOTE TAKING)UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMAN JENGGAWAH JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023.

Khumairoh, Roudlotul (2023) PENGEMBANGAN HANDOUT BIOLOGI BERBASIS GNT (GUIDED NOTE TAKING)UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI KELAS X SMAN JENGGAWAH JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ROUDLOTUL KHUMAIROH_T20198008.pdf

Download (23MB)

Abstract

Keaktifan siswa dalam pembelajaran merupakan salah satu hal yang dapat membuat proses pembelajaran dapat berjalan lancar. Keaktifan belajar siswa dapat berbentuk keaktifan pada dirinya sendiri atau pada kelompok. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru biologi kelas X SMAN Jenggawah menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa cukup rendah. Hal itu juga didukung dari hasil angket kebutuhan siswa yang menunjukkan 77,8% siswa cenderung hanya diam dalam pembelajaran dan 66,7% siswa tidak selalu bertanya saat pembelajaran biologi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa adalah dengan mengembangkan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan kevalidan handout biologi berbasis Guided Note Taking untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada materi perubahan lingkungan di kelas X SMAN Jenggawah, 2) Mendeskripsikan respon siswa terhadap pengembangan handout biologi berbasis Guided Note Taking untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa pada materi perubahan lingkungan di kelas X SMAN Jenggawah, 3) Mendeskripsikan keefektifan pengembangan handout biologi berbasis Guided Note Taking pada materi perubahan lingkungan di kelas X SMAN Jenggawah, 4) Mendeskripsikan keaktifan belajar siswa kelas X SMAN Jenggawah setelah menggunakan handout biologi berbasis Guided Note Taking pada materi perubahan lingkungan.
Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp tahun 2013 yang terdiri dari tiga tahap yaitu premilinary research, development or prototyphing phase, dan assessment phase. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X2 SMAN Jenggawah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu: angket, tes, observasi, dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Rata-rata persentase kevalidan oleh ahli materi sebesar 85,42% dengan kategori sangat valid, rata-rata persentase ahli media sebesar 97,32% dengan kategori sangat valid, persentase kevalidan ahli bahasa sebesar 90% dengan kategori sangat valid, dan persentase kevalidan oleh guru biologi sebesar 92,86% dengan kategori sangat valid. 2) Rata-rata persentase respon siswa sebesar 92,43% dengan kategori sangat menarik. 3) Rata-rata persentase keaktifan belajar siswa sebesar 85,3% dengan kategori tinggi. 4) Hasil uji N-gain diperoleh nilai sebesar 0,69 dengan ketegori sedang, dan hasil uji efektivitas menggunakan paired sample t-test diperoleh nilai sig sebesar 0,000 yang berarti nilai sig < 0,05 dengan kriteria sangat efektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa handout yang dikembangkan dapat dikategorikan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060207 Population Ecology
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Roudlotul Khumairoh
Date Deposited: 05 Jul 2023 07:15
Last Modified: 05 Jul 2023 07:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25109

Actions (login required)

View Item View Item