Pengaruh Lokasi Usaha dan Eksistensi Pertamini Terhadap Pendapatan Pedagang Bensin Botolan dalam Perspektif Ekonomi Syariah di Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso

Nafisah, Wardatun (2023) Pengaruh Lokasi Usaha dan Eksistensi Pertamini Terhadap Pendapatan Pedagang Bensin Botolan dalam Perspektif Ekonomi Syariah di Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
wardatun nafisah_ watermark.pdf

Download (4MB)

Abstract

Wardatun Nafisah. 2023: Pengaruh Lokasi Usaha dan Eksistensi Pertamini Terhadap Pendapatan Pedagang Bensin Botolan di Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso.
Kata Kunci: Lokasi Usaha, Eksistensi Pertamini, Pendapatan
Pendapatan adalah semua pendapatan yang diperoleh baik dalam bentuk uang maupun dalam bentuk barang atau produk dari pihak lain yang dinilai berdasarkan jumlah dari harta kekayaan yang berlaku pada saat itu. Pendapatan merupakan mata pencaharian seseorang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan secara langsung maupun tidak langsung sangat penting bagi kelangsungan hidup dan penghidupan seseorang. Karena banyaknya penjual bensin botolan terutama di daerah pedesaan, dengan banyaknya penjual bensin botolan ini ada beberapa penjual yang memiliki lokasi usaha yang berdekatan dan juga adanya penjual pertamini apakah dengan adanya pertamini tersebut berpengaruh terhadap pendapatan para pedagan bensin eceran.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah; 1) Apakah lokasi usaha berpengaruh terhadap pendapatan pedagang bensin botolan di Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso? 2) Apakah eksistensi pertamini berpengaruh terhadap pendapatan pedagang bensin botolan di Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso? 3) Apakah lokasi usaha dan eksistensi pertamini berpengaruh terhadap pendapatan pedagang bensin botolan di Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso?
Tujuan masalah pada penelitian ini adalah; 1) Untuk mengetahui besarnya pengaruh lokasi usaha terhadap pendapatan pedagang bensin botolan di Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso. 2) Untuk mengetahui besarnya pengaruh eksistensi pertamini terhadap pendapatan pedagang bensin botolan di Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso. 3) Untuk mengetahui besarnya pengaruh lokasi usaha dan eksistensi pertamini terhadap pendapatan pedagang bensin botolan di Kecamatan Curahdami Kabupaten Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pengambilan populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah dengan teknik nonprobability sampling yaitu teknik teknik sampling jenuh (semua populasi dijadikan sampel) dengan jumlah sampel 56 responden. Adapaun teknik dan instumen data yang digunakan adalah wawancara, kuesioner/angket, observasi dan dokumentasi. Analisi data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa; 1) Variabel lokasi usaha berpengaruh positif terhadap pendapatan pedagang bensin botolan. 2) Valrialbel eksistensi pertalmini tidak berpengaruh terhaldalp pendalpaltaln pedalgalng bensin botolaln. 3) Hasil penelitian menunjukkan bahwa lokasi usaha dan eksistensi pertamini secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap pendapatan pedagang bensin botolan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140215 Public Economics- Taxation and Revenue
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Wardatun Nafisah
Date Deposited: 05 Jul 2023 07:06
Last Modified: 05 Jul 2023 07:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25116

Actions (login required)

View Item View Item