Analisis Pengelolaan Keuangan Desa Tegaljati Kecamatan Sumber Wringin Kabupaten Bondowoso

Mutmainah, Mutmainah (2023) Analisis Pengelolaan Keuangan Desa Tegaljati Kecamatan Sumber Wringin Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI M (1).pdf

Download (18MB)

Abstract

Mutmainah, Ana Pratiwi. 2023: Analisis Pengelolaan Keuangan Desa Tegaljati Kecamatan Sumber Wringin Kabupaten Bondowoso.
Keuangan desa adalah semua hak dan kewajiban Desa yang dapat dinilai dengan uang serta segala sesuatu berupa uang dan barang yang berhubungan dengan pelaksanaan hak dan kewajiban Desa. Fokus Penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimanakah pengelolaan keuangan Desa Tegaljati Kecamatan Sumberwringin Kabupaten Bondowoso?. 2) Bagaimanakah kesesuaian pengelolaan keuangan Desa Tegaljati Kecamatan Sumberwringin Kabupaten Bondowoso dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2021? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan pengelolaan keuangan Desa Tegaljati Kecamatan Sumberwringin Kabupaten Bondowoso. 2) Untuk mengetahui kesesuaian pengelolaan keuangan Desa Tegaljati Kecamatan Sumberwringin Kabupaten Bondowoso dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2021.
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, waancara dan dokumentasi. Dengan analisis menggukan 1) kondensasi data 2) penyajian data 3) kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah 1) Pengelolaan keuangan Desa Tegaljati Kecamatan Sumberwringin Kabupaten Bondowoso. Berdasarkan hasil penelitian tersebut yang membahas mengenai pengelolaan keuangan desa peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa pengelolaan dimulai dari perencanaan dilakukan oleh sekretaris desa kemudian mengkoordinasikan dalam rencana penyusunan APBDesa berdasarkan RKP selanjutnya kepala desa menyampaikan rancangan tentang APBDesa yang dibahas dan disetujui dan kemudian di sampaikan kepada Bupati/Walikota melalui camat. Kenudian penyusunan dam pelaksanaan kegiatan sesuai dengan APBDesa yang telah disetujui. untuk penatausahaan dan pelaporan dilakukan oleh bendahara desa, bendahara yang mencatat penerimaan dan pengeluaran serta melakukan tutup buku, bendahara juga melaporkan tutup buku kemudian di verifikasi dan di evaluasi oleh kepala desa. Dan terakhir untuk pertanggungjawaban kepala desa menyampaikan hasil realisasi kepada camat setiap akhir tahun kemudian di sampaikan kepada masyarakat melalui media informasi. Pertanggungjawaban pengelolaan dana desa oleh kepala desa disampaikan kepada camat kemudian di realisasi anggaran tersebut di informasikan kepada masyarakat melalui musyawarah 2) Bagaimanakah kesesuaian pengelolaan keuangan Desa Tegaljati Kecamatan Sumberwringin Kabupaten Bondowoso dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2021. Berdasarkan hasil penelitian tersebut yang membahas mengenai kesesuaian pengelolaan keuangan dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2021 peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa pengelolaan keuangan di Desa Tegaljati telah sesuai dengan Peraturan Menteri. Dimana dapat dilihat mulai dari perencaan hingga pertanggungjawaban telah sesuai dengan Peraturan Menteri Falam Negeri Nomor 20 Tahun 2021.

Kata Kunci: Pengelolaan keuangan, kesesuaian, Peraturan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 12 BUILT ENVIRONMENT AND DESIGN > 1205 Urban and Regional Planning > 120505 Regional Analysis and Development
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140218 Urban and Regional Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mutmainah Mutmainah
Date Deposited: 05 Jul 2023 07:10
Last Modified: 05 Jul 2023 07:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25117

Actions (login required)

View Item View Item