KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA SEBAGAI ALASAN TERJADINYA PERCERAIAN MENURUT UU NO: 1 TAHUN 1974 DAN KOMPILASI HUKUM ISLAM STUDI KASUS DI KECAMATAN PANTI KABUPATEN JEMBER

Rizki Asharul Fahrisi, Rizki (2023) KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA SEBAGAI ALASAN TERJADINYA PERCERAIAN MENURUT UU NO: 1 TAHUN 1974 DAN KOMPILASI HUKUM ISLAM STUDI KASUS DI KECAMATAN PANTI KABUPATEN JEMBER. Masters thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
RISKI.pdf

Download (27MB)

Abstract

Rizki Asharul Fahrisi 2022. Kekerasan dalam Rumah Tangga Sebagai Alasan
Terjadinya Perceraian Menurut UU No: 1 Tahun 1974 dan Kompilasi Hukum Islam Studi Kasus di Kecamatan Panti Kabupaten Jember. Dosen Pembimbing I : Dr. Ishaq, M.Ag. Dosen Pembimbing II : Dr. Rafid Abbas, M.A.
Kata Kunci : Kekerasan Dalam Rumah Tangga Sebagai Alasan Terjadinya Perceraian
Kekerasan dalam Rumah Tangga merupakan setiap perbuatan terhadap seseorang terutama perempuan, yang berakibat timbulnya kesengsaraan atau penderitaan secara fisik, seksual, psikologis, dan/atau penelantaran rumah tangga termasuk ancaman untuk melakukan perbuatan, pemaksaan, atau perampasan kemerdekaan secara melawan hukum dalam lingkup rumah tangga. Penelantaran rumah tangga adalah seseorang yang menelantarkan orang dalam lingkup rumah tangganya, padahal menurut hukum yang berlaku baginya atau karena persetujuan atau perjanjian ia wajib memberikan kehidupan, perawatan, atau pemeliharaan kepada orang tersebut.
Dalam penelitian ini peneliti menitik beratkan beberapa fokus permasalahan diantranya 1) Bagaimana Bentuk KDRT di Desa Bandean Panti Dalam Rumah Tangga yang Menjadi Alasan Terjadinya Perceraian Menurut Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 dan Kompilasi Hukum Islam ? 2) Bagaimana Kesesuaian Bentuk KDRT di Desa Bandean Kecamatan Panti ?
Penelitian ini bertujuan untuk meberikan penjelasan dan menggambarkan bagaimana proses mengenai kekerasan dalam rumah tangga yang menjadi alasan terjadinya perceraian menurut Undang-undang Nomor 1 Tahun1974 dan Kompilasi Hukum Islam serta pembuktian dalam perkara perceraian dengan alasan adanya kekerasan dalam rumah tangga
Penelitian ini menggunakan pendekan yuridis empiris dengan cara menelaah bahan pustaka sebagai data skunder kajian objek penelitian yakni desa badean panti degan tekhnik pengumpulan data yakni dengan wawancra dan analisis data menggunakan keabsahan data triangulasi sumber.
Hasil pembahasan dalam pemelitian ini yakni 1) Bahwasanya proses kekerasan rumah tangga yang menjadi alasan perceraian baik meneurut undang- undang Nomor 1 tahun 1974 dan komplikasi hukum Islam yakni apabila terjadi kekerasan fisik, kekerasan psikologi dan penelantrana istri yang dilakukan seoerang suami akan tetapi percarian tidak selalu melahirkan kebahagiaan bagi korbannya karena di satu sisi dia akan terbebas dari kekerasan dalam rumah tangga yang menimpanya, Tidak mudah bagi perempuan untuk memutuskan rantai perkawinan dengan bercerai. 2) Disimpulkan bahwa proses pembuktian dalam perkara perceraian yang bernuansa kekerasan dalam rumah tanga karena alasan salah satu pihak melakukan perceraian adalah dengan mengangkat sumpah oleh Penggugat/Pemohon atas perintah hakim.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
Depositing User: Rizki asharul fahrisi Rizki
Date Deposited: 05 Jul 2023 06:50
Last Modified: 05 Jul 2023 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25123

Actions (login required)

View Item View Item