Manajemen Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri Sukorambi

Farida, Emma (2023) Manajemen Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Kenakalan Siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri Sukorambi. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
REVISU SKRIPSI EMMA FARIDA T20193069 (1) (1).pdf

Download (105MB)

Abstract

Manajemen Bimbingan Konseling merupakan sebuah proses untuk mengatur sesuatu yang dilakukan sekelompok orang atau organisasi untuk mencapai tujuan organisasi tersebut dengan cara bekerja sama memanfaatkan sumber daya yang dimiliki. Hal ini merupakan proses bantuan atau pertolongan yang diberikan oleh pembimbing kepada individu melalui pertemuan tatap muka atau hubungan timbal balik antara keduanya, agar individu memiliki kemampuan atau kecakapan melihat dan menemukan masalahnya serta mampu memecahkan masalahnya sendiri.
Penelitian ini mempunyai tiga fokus penelitian, yaitu: (1) bagaimana perencanaan bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa di sekolah menengah pertama negeri sukorambi? (2) bagaimana pelaksanaan bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa di sekolah menengah pertama negeri sukorambi? (3) bagaimana evaluasi bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa di sekolah menengah pertama negeri sukorambi?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui perencanaan manajemen bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa, 2) Untuk mengetahui pelaksanaan manajemen bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa dan 3) Untuk mengetahui evaluasi manajemen bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun jenis penelitian yang di gunakan yaitu penelitian lapangan dengan pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya dilakukan dari tahap pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Perencanaan manajemen bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri Sukorambi yang dilakukan diantaranya menentukan suatu tujuan kerangka, merencanakan program yang akan dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. 2) Pelaksanaan manajemen bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri Sukorambi yaitu dengan menggunakan program poin harian, pembinaan empat bidang, dan sosialisasi. Dalam pelaksanaan tugasnya, BK di SMPN Sukorambi diberikan jadwal ke setiap kelas untuk melakukan pengajaran yang sudah terjadwalkan. 3) Evaluasi manajemen bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa di Sekolah Menengah Pertama Negeri Sukorambi yakni ada dua yaitu evaluasi proses dan evaluasi hasil.

Kata kunci: Manajemen Bimbingan Konseling, Kenakalan Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Emma Farida
Date Deposited: 06 Jul 2023 06:57
Last Modified: 06 Jul 2023 06:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25125

Actions (login required)

View Item View Item