Analisis Proses Berpikir Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Berdasarkan Kemampuan Computational Thinking di Kelas XI MAN 2 Banyuwangi

Safitri, Auliana Wahyu (2023) Analisis Proses Berpikir Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Berdasarkan Kemampuan Computational Thinking di Kelas XI MAN 2 Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Auliana Wahyu Safitri_T20197020.pdf

Download (48MB)

Abstract

Hasil survei PISA tahun 2018 mengenai prestasi matematika menyatakan bahwa negara Indonesia ada di peringkat ke-7 dari bawah. Ini menunjukkan bahwa hasil survei mengenai kemampuan siswa Indonesia terhadap matematika masih rendah, yang berarti keterampilan berpikir matematis siswa Indonesia juga terbilang rendah. Keterampilan berpikir matematis siswa dapat dilatih dengan membiasakan siswa untuk menyelsaikan soal jenis HOTS. Tidak hanya itu, computational thinking juga salah satu cara untuk meningkatkan keterampilan berpikir matematis.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses berpikir matematis siswa dengan kemampuan computational thingking tinggi dalam menyelesaikan soal HOTS kelas XI di MAN 2 Banyuwangi?; 2) Bagaimana proses berpikir matematis siswa dengan kemampuan computational thingking sedang dalam menyelesaikan soal HOTS kelas XI di MAN 2 Banyuwangi?; 3) Bagaimana proses berpikir matematis siswa dengan kemampuan computational thingking rendah dalam menyelesaikan soal HOTS kelas XI di MAN 2 Banyuwangi?.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Banyuwangi dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPA 2. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 6 subjek dengan masing-masing 2 subjek untuk setiap kategori tinggi, sedang, dan rendah. Teknik penentuan subjek dengan purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, think aloud, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah: 1) Proses berpikir matematis siswa dengan tingkat kemampuan computational thinking tinggi memenuhi aspek I know, I want, introduce, try, maybe, why, check, dan refleksi; 2) Proses berpikir matematis siswa dengan tingkat kemampuan computational thinking sedang memenuhi aspek I know, I want, introduce, try, maybe, dan why; 3) Proses berpikir matematis siswa dengan tingkat kemampuan computational thinking rendah memenuhi aspek I know dan I want.
Kata kunci: Proses Berpikir Matematis, HOTS, Computational Thinking

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010399 Numerical and Computational Mathematics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Auliana Wahyu Safitri
Date Deposited: 05 Jul 2023 07:01
Last Modified: 05 Jul 2023 07:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25137

Actions (login required)

View Item View Item