Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Pesantren Untuk Membentuk Karakter Disiplin Siswa Smp Annur Kalibaru Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023

Nuril Farhana, Elma (2023) Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Pesantren Untuk Membentuk Karakter Disiplin Siswa Smp Annur Kalibaru Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ELMA NURIL FARHANA T20191275 PAI A6 .pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Elma Nuril Farhana, 2023: Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Pesantren untuk Membentuk Karakter Disiplin Siswa SMP Annur Kalibaru Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023.

Kata kunci: Impelementasi, akidah akhlak, pesantren, SMP Annur, disiplin

Pendidikan karakter merupakan elemen yang sangat penting untuk ditanamkan pada siswa sejak dini di sekolah. Faktor ini dikarenakan karakter yang positif akan memberikan manfaat bagi siswa dalam menghadapi berbagai situasi, baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah,
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Implementasi pembelajaran akhlak berbasis pesantren di SMP Annur Kalibaru Banyuwangi untuk membentuk karakter disiplin siswa Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Bagaimana kendala dalam proses pembinaan akhlak siswa SMP Annur Kalibaru Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Implementasi pembelajaran akhlak berbasis pesantren di SMP Annur Kalibaru Banyuwangi untuk membentuk karakter disiplin siswa Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Mendeskripsikan Kendala dalam proses pembinaan akhlak iswa SMP Annur Kalibaru Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data observasi pasif partisipan dalam penelitiannya. Teknk pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Milles Huberman yang meliputi tiga langkah yaitu: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun pengujian data pada skirpsi ini menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu: 1) Implementasi pembelajaran akhlak berbasis pesantren di SMP Annur Kalibaru Banyuwangi untuk membentuk karakter disiplin siswa Tahun Pelajaran 2022/2023 dalam hal ini disimpulkan dalam empat temuan yaitu :a) Memberikan Model Pembelajaran yang Tepat, b) Pembelajaran Akidah Akhlak di Luar Kelas, c) Pembelajaran Akidah Akhlak di Luar Kelas, dan d) Memberikan motivasi bagi siswa. 2) faktor-faktor kendala dalam penelitian memiliki dua faktor kendala yaitu: a) faktor internal yaitu masih kurangnya fasilitas yang memadai bagi siswa untuk menunjang pembelajaran, sarana prasarana sekolah yang kurang lengkap adalah sebagai berikut : Guru pengajar atau tenaga pendidik ASN, Ruang belajar yang dapat mendukung siswa dalam proses belajar adalah LCD proyektor. Selain itu, terdapat faktor eksternal yang berhubungan dengan faktor di luar sekolah, seperti karakteristik yang dimiliki oleh orang tua di rumah dan dampak yang cepat dari teknologi terhadap siswa di sekolah. b) Faktor eksternal tersebut mencakup 1. Gaya pengasuhan keluarga, 2. Penggunaan teknologi, dan 3. Pengaruh dari teman sebaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130307 Ethnic Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Elma Nuril Farhana
Date Deposited: 06 Jul 2023 00:21
Last Modified: 06 Jul 2023 00:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25138

Actions (login required)

View Item View Item