Analisis Resepsi Tokoh Masyarakat Kota Probolinggo Terhadap Retorika Dakwah KH. Anwar Zahid di Media Youtube

Sefrina Hadi, Nida (2023) Analisis Resepsi Tokoh Masyarakat Kota Probolinggo Terhadap Retorika Dakwah KH. Anwar Zahid di Media Youtube. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nida Sefrina Hadi _D20191010.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nida Sefrina Hadi 2023 : “Analisis Resepsi Tokoh Masyarakat Kota Probolinggo Terhadap Retorika Dakwah KH. Anwar Zahid di Media Youtube”
Kata kunci: Analisis Resepsi,Retorika, Dakwah, Media Youtube.
Retorika tidak hanya memperhatikan isi, tetapi juga memperhatikan gaya dan keindahan bahasa. Retorika kontemporer diterapkan kepada massa dalam bentuk orasi atau pidato, sedangkan dalam dakwah terdapat khotbah dan tablig yang ditujukan kepada khalayak luas. Dakwah adalah kegiatan menterjemahkan ajaran Islam secara terus menerus dalam segala bidang kehidupan manusia, yang dilakukan dengan strategi dan tujuan tertentu, untuk kesejahteraan hidup manusia di kehidupan ini dan di kehidupan selanjutnya. analisis resepsi yaitu bagaimana proses pendekodean penonton berlangsung di dalam media. Ia melihat seseorang melakukan pendekodean terhadap pesan melalui tiga sudut pandang yaitu posisi pembacaan dominan (dominant-hegemonic position), pembacaan yang dinegoisasikan (negotiated code/position), dan pembacaan oposisi (oppositional code/position). Media Youtube merupakan layanan video berbagi yang disediakan oleh Google bagi para penggunanya untuk memuat, menonton dan berbagi klip video secara gratis yang ditonton oleh ribuan orang setiap harinya.
Fokus penelitian ini yaitu : 1). Bagaimana retorika dakwah KH. Anwar Zahid di media Youtube. 2) Bagaimana analisis resepsi masyarakat Kota Probolinggo terhadap retorika dakwah KH. Anwar Zahid. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui retorika dakwah KH. Anwar Zahid di media Youtube. 2) Untuk mengetahui analisis resepsi masyarakat Kota Probolinggo terhadap retorika dakwah KH. Anwar Zahid
Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam mengumpulkan data penulis menggunkan metode penelitian kualitatif deskriptif analisis yaitu sebuah metode yang di dalamnya terdapat beberapa tahapan atau penerapan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan wawancara dan dokumentasi.
KH. Anwar Zahid dalam berdakwah menggunakan tahapan-tahapan yaitu pembuka, isi dan penutup dengan tujuan agar dalam penyampaian dakwahnya menjadi rinci dan lebih enak untu didengarkan oleh masyarakat. Proses resepsi tokoh masyarakat Kota Probolinggo terhadap retorika dakwah KH. Anwar Zahid di media Youtube terkategori menjadi 2 yakni 60% di posisi dominan dan 40% di posisi negosiasi. Hal ini menunjukkan bahwa lebih banyak tokoh masyarakat yang menerima dakwah KH. Anwar Zahid dan sisanya lebih menyaring lagi tentang pesan yang disampaikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Skripsi Nida Sefrina Hadi
Date Deposited: 05 Jul 2023 08:31
Last Modified: 05 Jul 2023 08:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25149

Actions (login required)

View Item View Item