PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) PADA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BONDOWOSO

Anggraeni, Agustian (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN SOAL ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM (AKM) PADA KELAS VIII SMP NEGERI 3 BONDOWOSO. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Agustian Anggraeni_T20197005_Skripsi Watermark.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kata kunci: Pengembangan, Instrumen Soal, Asesmen Kompetensi Minimum, Teorema Pythagoras.
Guirui pada seikolah tingkat SMP/MTs meingatakan bahwa biasanya peimbeirian soal-soal keipada siswa seilama proseis peimbeilajaran beirlangsuing masih beirdasarkan pada buikui pakeit mateimatika dan beiluim ada pembahasan tentang soal AKM. Seilain itui, informasi yang dibeirikan pada soal juiga beirkaitan deingan konteiks teirteintui, akan teitapi pada soal yang teirseidia masih beiluim teirlihat deingan jeilas konteiks yang dibicarakan.
Fokus Penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana proses peingeimbangan instruimein soal asesmen kompetensi minimun uintuik siswa keilas VIII yang dikeimbangkan di SMP Neigeiri 3 Bondowoso?, 2) Bagaimana validitas isi dan reiliabilitas instruimeint soal asesmen kompetensi minimun mateimatika yang dikeimbangkan di SMP Neigeiri 3 Bondowoso.
Jeinis peineilitian yang diguinakan adalah (Reiseiarch & Deiveilopmeint) meiruipakan meitodei peineilitian yang diguinakan uintuik meinghasilkan produik teirteintui, dan meinguiji keieifeiktifan produik teirseibuit. Modeil peineilitian yang diguinakan adalah modeil deisain instruiksional ADDIEi.
Penelitian ini sampai pada kesimpulan bahwa proses pengembangan Instrumen Asesmen kemampuan siswa berbasis AKM pada materi teorema pythagoras Kelas VIII SMPN 3 Bondowoso mengacu pada model pengembangan ADDIE, yakni (1) Analysis (analisis); (2) Design (perancangan); (3) Development (pengembangan); (4) implementation (penerapan); (5) Evaluation (evaluasi). Tahap pertama yang dilakukan ialah tahap Analysis (analisis). Dalam tahapan ini terdapat 3 langkah, yaitu 1) Analisis kurikulum; 2) Analisis hasil belajar; 3) Analisis konsep. Tahap selanjutnya yaitu Design (perancangan), pada tahap ini dilakukan perancangan terkait Instrumen soal yang akan diberikan kepada siswa.Tahap selanjutnya yaitu Development (pengembangan), dalam tahap pengembangan ini merupakan tahap pengembangan dari instrumen soal berbasis AKM yang akan dikembangkan pada materi Pythagoras. Tahap selanjutnya adalah Impelementation, dalam tahap ini peneliti melakukan uji coba secara langsung ke lapangan terhadap Instrumen soal kemampuan siswa berbasis AKM yang sudah melalui tahapan validasi tenaga ahli dan dilakukan revisi berdasarkan saran. Tahap yang terakhir ialah Evaluation, pada tahapan ini, peneliti melakukan analisis kemampuan siswa dengan model Rasch menggunakan data dari pelaksanaan uji coba instrumen asesmen kompetensi minimum pada kelas VIII SMP Negeri 3 Bondowoso dengan responden 27 siswa dan 15 item soal. Nilai kevalidan diperoleh dari lembar validasi yang diisi oleh keempat validator yakni validator ahli bahasa, ahli konten, dan ahli konsep. Dari hasil analisis kevalidan menunjukkan rata-rata keseluruhan dengan kriteria valid. Sedangkan hasil analisis model Rasch diperoleh nilai Alpha Cronbach 1,52 berarti reliabilitas antara person dan item dapat dikatakan istimewa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Depositing User: mrs Agustian Anggraeni
Date Deposited: 05 Jul 2023 08:12
Last Modified: 06 Jul 2023 02:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25154

Actions (login required)

View Item View Item