Analisis Implementasi Sistem Manajemen Mutu Produk Seblak Preanger Jember

Kumar, Abdul Azis (2023) Analisis Implementasi Sistem Manajemen Mutu Produk Seblak Preanger Jember. Undergraduate thesis, Uin Kiai Ahmad Shiddiq Jember.

[img] Text
ABDUL AZIS KUMAR_E20182260.pdf

Download (3MB)

Abstract

Abdul Azis Kumar, Nur Hidayat, S.E, M.M: Analisis Implementasi Sistem Manajemen Mutu Produk Seblak Preanger
Manajemen mutu merupakan suatu upaya yang ditempuh oleh perusahaan, menyangkut seluruh aktivitas dari keseluruhan fungsi manajemen untuk menetapkan kebijakan mutu dan tanggungjawab perusahaan serta melaksanakannya dalam rangak peningkatan kepuasan konsumen secara kontinyu melalui produk, jasa, dan proses yang lebih baik. Seluruh aktivitas manajemen mutu ini terwujud dalam setiap aspek kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan. Secara singkat sistem manajemen mutu bisa diartikan Part of a management sistem with regard to quality (bagian dari sistem manajemen yang terkait dengan mutu atau kualitas).
Fokus penelitian yag diteliti pada penelitian ini adalah sebagaiamana berikut: (1) Bagaimana penerapan model manajemen mutu produk di Seblak Preanger? (2) Bagaiamana kendala-kendala yang dihadapi dan solusi dalam manajemen mutu di Seblak Preanger? Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) Model penerapan manajemen mutu produk di Seblak Preanger. (2) mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dan solusi dalam manajemen mutu di Seblak Preanger.
Penelitian ini merupakan bentuk penelitian yang menggunakan format deskriptif kualitatif, dengan menggunakan jenis penelitian lapangan yaitu menggali sumber secara langsung dari tempat penelitian tentang bagaimana Analisis Implementasi Sistem Manajemen Mutu Produk Seblak Preanger. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis reduksi data,penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Dari peneliti dapat disimpulkan (1)Seblak Preanger sudah memiliki sistem manajemen mutu yang baik mulai dari pengendalian bahan baku, pengendalian stok opname hingga bahan jadi dan siap dihidangkan. Meskipun terkadang terdapat kecacatan dari sebuah produk, tapi Seblak Preanger mampu menjada kestabilan kinerja. Kepercayaan yang sudah dimiliki oleh customer selalu dijaga oleh Seblak Preanger dengan jaminan mutu yang diberikan dan melakukan perbaikan perbaikan manajemen. (2) Dalam menerapkan sistem manajemen mutu, Seblak Preanger mempunyai bebrapa kendala yaitu adanya sistem yang kurang presisi, beban kerja, SDM yang tidak dapat edukasi dan SDM yang tidak menjalankan sesuai prosedur. Untuk mengatasi kendala yang ada, Seblak Preanger melakukan upaya untuk mengatasi hal tersebut dengan perbaikan sistem, pelatihan training SDM dengan tepat dan evaluasi yang berkelanjutan.
Kata kunci: Sistem, Manajemen mutu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Abdul Azis Kumar
Date Deposited: 05 Jul 2023 09:09
Last Modified: 05 Jul 2023 09:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25160

Actions (login required)

View Item View Item