Perspektif Ustadz Adi Hidayat Mengenai Berbakti Kepada Orang Tua (Pendekatan Analisis Wacana Norman Fairclough)

Rahman, Abiyyu Latif Nur (2023) Perspektif Ustadz Adi Hidayat Mengenai Berbakti Kepada Orang Tua (Pendekatan Analisis Wacana Norman Fairclough). Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Skripsi Watermark.pdf

Download (3MB)

Abstract

Manusia memerlukan pendidikan agar menjadi pribadi yang bemanfaat. Kebermanfaatan tersebut diutamakan untuk berbakti kepada orang tua. Era saat ini untuk memahami ayat Al-Qur’an dapat disaksikan di Youtube diantaranya yang disampaikan oleh salah satu da’i, yakni: Ustadzaz Adi Hidayat mengenai berbakti kepada orang tua. Konstruksi wacana dalam penafsiran Al-Qur’an yang disampaikan secara lisan dapat dianalisis dengan teori pendekatan Relasi-Dialektik Norman Fairclogh.
Fokus penelitian ini adalah: 1). Bagaimana perspektif Ustadzz Adi Hidayat terhadap ayat Al-Qur’an mengenai berbakti kepada orang tua? 2). Apa saja text yang berperan?, 3) Bagaimana peranan Discursive Practice?,4) Mengapa peranan sociocultural practice penting?, 5) Bagaimana relevansi analisis Norman Fairclough?
Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Mendeskripsikan perspektif Ustadzz Adi Hidayat mengenai ayat Al-Qur’an yang berisi tentang berbakti kepada orang tua. 2). peranan text yang di sampaikan , 3) peranan discurtive practice yang terjadi , 4) peranan Socio cultural practice yang di sampaikan, 5) relevansi teori analisis wacana Norman Fairclough.
Hasil penelitian ini adalah 1). Perspektif Ustadzz Adi Hidayat mengenai berbakti kepada orang tua dibangun dengan jalan melakukan interpretasi terhadap surat Al-Isra ayat 23, surat Al-Ankabut ayat 8, surat Luqman ayat 14, surat Al-Ahqaf ayat 15. Ayat tersebut berisi bakti anak kepada orang tua, dan 2). Hasil analisis konsep berbakti kepada orang tua perspektif Ustadzz Adi Hidayat menggunakan teori Norman Fairclogh terdapat peranan ideologi, penyampaian Ustadzz Adi Hidayat mengenai iman dan etika seseorang anak untuk berbakti kepada orang tua. Teori dari Norman Faiclough mengutamakan peranan text yang terealisasikan dalam penyampaiannya yang terbangun pada analisis wacana relasi dialektik.

Kata Kunci: Berbakti, Adi Hidayat, Norman Fairclough

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Abiyyu Latif Nur Rahman
Date Deposited: 07 Jul 2023 01:16
Last Modified: 07 Jul 2023 01:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25162

Actions (login required)

View Item View Item