Efektivitas program panen hadiah simpedes dalam penguatan loyalitas nasabah di bank bri kantor cabang jember

Maliha, Nidaul (2023) Efektivitas program panen hadiah simpedes dalam penguatan loyalitas nasabah di bank bri kantor cabang jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
NIDAUL MALIHA WATERMARK.pdf

Download (4MB)

Abstract

Nidaul Maliha, Roni Subhan, 2023: Efektivitas Program Panen Hadiah Simpedes Dalam Penguatan Loyalitas Nasabah Di Bank Bri Kantor Cabang Jember.
Saat ini masyarakat lebih cermat dalam memilih kebutuhan mereka baik lembaga atau badan yang mampu memberikan layanan dan fasilitas yang berkaitan dengan perekonomian. Nasabah membutuhkan lembaga keuangan yang memberikan pelayanan dan fasilitas yang berkualitas baik. Dengan adanya persaingan yang semakin ketat dalam bisnis perbankan, bank menawarkan promosi yang sama mendorong para pelaku bisnis perbankan untuk memberikan inovasi penawaran atas jasa dan produk, khususnya produk tabungan. Bank BRI hadir ditengah-tengah masyarakat dan menjawab sebagian permasalahan perekonomian mereka. Salah satunya yaitu dengan upaya meningkatkan loyalitas nasabah tabungan dimana bank memberikan promosi penjualan yang sering diterapkan di lembaga keuangan yaitu program panen hadiah simpedes. Tindakan pemberian hadiah berperan dalam meningkatkan kedekatan sosial.
Tujuan yang dipaparkan dalam penelitian ini yaitu: 1). Untuk mengetahui bagaimana efektivitas program panen hadiah simpedes di Bank BRI Kantor Cabang Jember. 2). Untuk mengetahui bagaimana loyalitas nasabah sesudah adanya program panen hadiah simpedes di Bank BRI Kantor Cabang Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Alasan peneliti mengambil metode penelitian kualitatif deskriptif karena peneliti akan memaparkan mengenai hal-hal yang berkaitan dengan Efektifitas Program Panen Hadiah Simpedes dalam penguatan loyalitas nasabah di Bank BRI Kantor Cabang Jember. dalam penelitian ini peneliti menggunakan teknik purposive adalah suatu teknik penetapan informan dengan cara memilih informan diantara populasi sesuai dengan yang dikehendaki peneliti. Pola pengumpulan data yang digunaka ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, dan conclusion drawing/verification. Pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Pada produk tabungan simpedes sangatlah efisien karena dalam menjadi calon pemenang undian tidaklah susah, tanpa ada kriteria khusus dan cukup menabung dengan nominal tabungan Rp. 100 ribu akan mendapatkan kupon undian program panen hadiah simpedes. Bank BRI sangat mengupayakan sosialiasi program panen hadiah simpedes dapat disalurkandengan baik. Dari hasil pemantauan program yang dilakukan oleh Bank BRI dimana jumlah nasabah yang terus meningkat setiap tahunnya yang mengindikasikan bahwa pencapaian program sudah terlaksana. Berdasarkan loyalitas nasabah pada program tabungan simpedes sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari dimensi loyalitas nasabah yaitu melakukan pembelin secara teratur, membeli antar lini produk dan jasa, mereferensikana kepada orang lain, dan menunjukan kekebalan terhadap ketertarikan dari pesaing. Dari keempat dimensi yang dipakai mendaptkan hasil dimana nasabah memiliki rasa loyalitas yang besar.
Kata Kunci: Efektifitas, Loyalitas

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Nidaul Maliha
Date Deposited: 05 Jul 2023 08:03
Last Modified: 05 Jul 2023 08:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25164

Actions (login required)

View Item View Item