Implementasi financial technology dalam sistem pembayaran berbasis qr code (qris) di pt. bri (Persero) tbk. kantor cabang jember

Ashari, Ayu (2023) Implementasi financial technology dalam sistem pembayaran berbasis qr code (qris) di pt. bri (Persero) tbk. kantor cabang jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI AYU ASHARI WATERMARK.pdf

Download (5MB)

Abstract

Ayu Ashari, Roni Subhan, 2023: Implementasi Financial Technology Dalam Sistem Pembayaran Berbasis QR Code (QRIS) di PT. BRI (PERSERO) Tbk. Kantor Cabang Jember.

Inovasi teknologi berkembang cukup pesat pada berbagai aspek ekonomi digital, termasuk sektor pembayaran. Teknologi digital dapat memberikan banyak kemudahan bagi wirausahawan, seperti komunikasi yang lebih cepat tanpa ruang dan waktu. Dalam mewujudkan sistem pembayaran yang mudah, aman dan efisien. Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) terus melakukan penyempurnaan dan pengembangan sistem pembayaran QRIS agar efektif. Pengembangan ini bertujuan untuk mengurangi resiko pembayaran antar bank dan peningkatan pelayanan jasa sistem pembayaran non tunai.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana prosedur financial technology dalam sistem pembayaran berbasis QR code di PT. BRI Kantor Cabang Jember?. 2) Bagaimana Implementasi financial technology dalam sistem pembayaran berbasis QR code di PT. BRI Kantor Cabang Jember?. 3) Apa saja manfaat implementasi financial technology dalam sistem pembayaran berbasis QR code di PT. BRI Kantor Cabang Jember?.
Tujuan dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Untuk mengetahui prosedur financial technology dalam sistem pembayaran berbasis QR code di PT. BRI Kantor Cabang Jember?. 2) Untuk mengetahui implementasi financial technology dalam sistem pembayaran berbasis QR code di PT. BRI Kantor Cabang Jember?. 3) Untuk mengetahui manfaat implementasi financial technology dalam sistem pembayaran berbasis QR code di PT. BRI Kantor Cabang Jember?.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verivikasi/kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini ditemukan bahwa secara umum prosedur implementasi QRIS di BRI KC Jember terbagi menjadi dua tahap, yaitu: tahap pembuatan sistem pembayaran QRIS dan tahap penggunaan sistem pembayaran QRIS. Implementasi atau penerapan QRIS di BRI terdiri dari sistem pembayaran yang ditawarkan oleh BRI yaitu merchant presented mode statis dan dinamis serta ketetapan MDR yang dikenakan kepada merchant dalam setiap transaksi menggunakan QRIS dan hambatan atau kendala yang di alami dalam pengeimplementasian berupa masyarakat masih lebih mengutamakan pembayaran tunai, adanya biaya transaksi yang di bebankan kepada merchant, pengusaan teknologi yang masih kurang serta adanya kekhawatiran akan keamanan data pribadi. Manfaat dari implementasi QRIS ialah terdapat manfaat yang berbeda bagi perbankan, manfaat bagi merchant dan manfaat bagi nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mrs Ayu Ashari
Date Deposited: 05 Jul 2023 08:01
Last Modified: 05 Jul 2023 08:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25167

Actions (login required)

View Item View Item