Strategi Dakwah Mantan Anggota Hizbut Tahrir Indonesia Di Kabupaten Jember Pasca Dibubarkan Pemerintah Republik Indonesia

Rendi, Maulana Firdaus (2023) Strategi Dakwah Mantan Anggota Hizbut Tahrir Indonesia Di Kabupaten Jember Pasca Dibubarkan Pemerintah Republik Indonesia. Undergraduate thesis, UIN Khas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rendi Maulana Firdaus_D20171021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rendi Maulana Firdaus, 2023. Strategi Dakwah Mantan Anggota Hizbut Tahrir Indonesia Di Kabupaten Jember Pasca Dibubarkan Pemerintah Republik Indonesia.

Strategi Dakwah merupakan suatu cara yang digunakan supaya dakwah diterima oleh orang lain. Semua organisasi Islam mempunyai strategi dakwah dalam angka merawat dan menambah jumlah anggotanya, hal tersebut dilakukan oleh Hizbut Tahrir Indonesia. Hizbut Tahrir adalah organisasi yang mengusung ide penyatuan umat Islam melalui sistem khilafah. Pemerintah Republik Indonesia menilai jamaah tujuan dan gerakan Hizbut Tahrir tidak sejalan dengan falsafah dan cara hidup masyarakat Indonesia, oleh karena itu Hizbut Tahrir Indonesia dibubarkan. Organisasi Hizbut Tahrir secara hukum telah dilarang, namun kegiatan dakwahnya tetap berlangsung ditengah masyarakat, khususnyamasyarakat Kabupaten Jember. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana strategi dakwah dan bentuk kegiatan mantan anggota HTI di Kabupaten Jember pasca dibubarkan oleh Pemerintah Republik Indonesia. Peneliti menelusuri strategi dakwah yang dilakukan oleh mantan anggota HTI serta kegiatan-kegiatan dakwah yang dilakukan oleh mantan anggota HTI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dan bentuk dakwah yang dilakukan oleh mantan anggota Hizbut Tahrir Indonesia di Kabupaten Jember.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam skripsi ini melalui tiga keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah mantan anggota HTI di Kabupaten Jember melakukan strategi dakwah dengan berbagai macam metode, diantaranya adalah melalui pengubahan nama organisasi, kajian secara tertutup, dakwah melalui media, dakwah melalui pendidikan, dakwah melalui perkawinan serta mengajak tokoh masyarakat setempat, hal ini dilakukan untuk menarik simpati dan merawat anggota jamaah mantan anggota Hizbut Tahrir. Adapun bentuk kegiatan dari mantan anggota Hizbut Tahrir secara tidak langsung dibagi menjadi tiga, dakwah dengan lisan melalui kajian tertutup dan seminar, dakwah dengan pena menggunakan media cetak dan media online, serta dakwah dengan tindakan melalui demontrasi dan perkawinan. Berdasarkan keterangan diatas, disimpulkan bahwa mantan anggota Hizbut Tahrir di Kabupaten Jember masih melakukan gerakan dakwah namun dilakukan secara tertutup dikarenakan keberadaannya dilarang oleh pemerintah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah mantan anggota Hizbut Tahrir Indonesia di Kabupaten Jember masih aktif melakukan kegiatan dakwahnya, walaupun organisasinya telah dibubarkan pemerintah.
Kata Kunci : Strategi Dakwah, Hizbut Tahrir Indonesia, Bentuk Kegiatan Dakwah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Mr Rendi Maulana Firdaus
Date Deposited: 06 Jul 2023 04:02
Last Modified: 06 Jul 2023 04:02
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25180

Actions (login required)

View Item View Item