SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBIAYAAN QORDHUL HASAN PADA BAITUL MAL WAT TAMWIL NUANSA UMAT (BMT NU) JAWA TIMUR CABANG BALUNG

Arinda, Zulfia (2023) SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBIAYAAN QORDHUL HASAN PADA BAITUL MAL WAT TAMWIL NUANSA UMAT (BMT NU) JAWA TIMUR CABANG BALUNG. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
ZUL FIA ARINDA_E20193068..pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Zul Fia Arinda, 2023: Sistem Informasi Akuntansi Pembiayaan Qardhul Hasan Pada Baitul Mal Wat Tamwil Nuansa Umat (BMT NU) Jawa Timur Cabang Balung.
Kata Kunci: Sistem Informasi Akuntansi Pembiayaan Qardhul Hasan pada BMT NU Jawa Timur
Sistem informasi akuntansi adalah sistem yang bertujuan untuk mengumpulkan dan memproses data serta melaporkan informasi yang berkaitan dengan transaksi keuangan. Memproses transaksi yang dimaksud bisa berupa mencatat aktivitas pengeluaran kas ke dalam jurnal. Salah satu produk yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah produk Al-Qardhul Hasan. Al-Qardhul Hasan adalah suatu sistem yang berkaitan dengan segala bentuk pinjaman tanpa imbalan yang berasaskan pada hukum Al-Qardh.
Fokus penelitian dalam skripsi ini yaitu (1) Bagaimana penerapan sistem informasi akuntansi pembiayaan qardhul hasan pada baitul mal wat tamwil nuansa umat (BMT NU) Jawa Timur cabang Balung (2) Bagaimana kendala penerapan sistem informasi akuntansi pembiayaan qardhul hasan pada baitul mal wat tamwil nuansa umat (BMT NU) Jawa Timur cabang Balung.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui penerapan sistem informasi akuntansi pembiayaan qardhul hasan pada baitul mal wat tamwil nuansa umat (BMT NU) Jawa Timur cabang Balung. (2) Mengetahui kendala penerapan sistem informasi akuntansi pembiayaan qardhul hasan pada baitul mal wat tamwil nuansa umat (BMT NU) Jawa Timur cabang Balung.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana data-data perusahaan mengenai sistem informasi akuntansi mengenai pembiayaan qardhul hasan serta data-data lain yang mendukung penelitian untuk dikumpulkan kemudian data-data tersebut dianalisis dengan cara mendeskripsikan dan membandingkan dengan aturan-aturan yang berlaku baik dalam aturan Islam maupun aturan yang dibuat oleh negara untuk menilai keadilan secara objektik. Objek penelitian adalah pada BMT NU Jawa Timur cabang Balung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Sistem informasi akuntansi pembiayaan sangat berpengaruh terhadap keberhasilan pendistribusian pembiayaan qardhul hasan, dengan bagusnya sistem pembiayaan di BMT NU Jawa Timur cabang Balung ini dapat mempermudah pengusaha kecil untuk pengajuan pembiayaan usaha mereka dengan begitu pembiayaan akan lancar dan tidak ada pembayaran pembiayaan yang macet. (2) Juga terdapat kendala-kendala. Kendala yang sering terjadi di BMT NU Jawa Timur cabang Balung ini saat melakukan pembukuan atau pelaporan yaitu terjadinya kelambatan pada komputer, apa lagi saat komputer dalam perbaikan. Terkadang pelaporan itu juga bisa tidak sinkron, jadi untuk pelaporannya kita harus memproses ulang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0806 Information Systems > 080609 Information Systems Management
Depositing User: Zul Fia Arinda
Date Deposited: 06 Jul 2023 01:21
Last Modified: 06 Jul 2023 01:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25181

Actions (login required)

View Item View Item