ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL USAHA TERNAK AYAM BROILER DENGAN POLA KEMITRAAN INTI-PLASMA DI DESA TULUPARI KECAMATAN TIRIS KABUPATEN PROBOLINGGO

Sya'roni, Muhammad (2023) ANALISIS KELAYAKAN FINANSIAL USAHA TERNAK AYAM BROILER DENGAN POLA KEMITRAAN INTI-PLASMA DI DESA TULUPARI KECAMATAN TIRIS KABUPATEN PROBOLINGGO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
MUHAMMAD SYA'RONI_E20182218.pdf

Download (5MB)

Abstract

Muhammad Sya’roni, Dr. Ahmad Afif, M.E.I 2023: Analisis Kelayakan Finsial Usaha Ternak Ayam Broiler dengan Pola Kemitraan Inti-Plasma di Desa Tulupari Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo.
Peternakan ayam broiler di Desa Tulupari adalah peternakan yang menggunakan pola kemitraan inti-plasma yang bekerjasama dengan PT. Sido Agung. Dalam penjualan ayam, peternak dan perusahaan Sido Agung mengikuti harga pasar, yang mana hasil panennya akan sangat berpengaruh pada harga pasaran, jika harga pasaran ayam broiler naik maka keuntungan yang didapatkan peternak juga bisa naik, begitupun sebaliknya.
Berdasarkan latar belakang diatas, maka peneliti memfokuskan penelitian dengan lingkup yaitu: 1) Bagaimana pendapatan usaha ternak ayam broiler dengan pola kemitraan inti-plasma? 2) Bagaimana kelayakan usaha ternak ayam broiler dengan pola kemitraan inti-plasma?
Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pendapatan usaha ternak ayam broiler dengan pola kemitraan inti-plasma. 2) Untuk mengetahui kelayakan usaha ternak ayam broiler dengan pola kemitraan inti-plasma.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian keabsahan data menggunakan purposive, yaitu pertimbangan dalam memilih informan yang dianggap mengetahui terkait permasalahan yang akan diteliti.
Hasil dari penelitan ini adalah: 1) Pendapatan usaha yang diperoleh peternak adalah rata-rata total penerimaan peternak setiap satu kali produksi adalah sebesar Rp. 261.250.000,00. Dengan total biaya terdiri dari biaya tetap dan biaya variabel yaitu rata-rata total biaya produksi sebesar Rp. 243.565.714,26. Sehingga rata-rata pendapatan peternak secara keseluruhan dalam tiap produksinya adalah sebesar Rp. 17.684.285,74. 2) Berdasarkan hasil analisis kelayakan usaha ternak ayam broiler menggunakan R/C ratio diperoleh Reveneu cost ratio sebesar 1,07. Nilai ini diperoleh dari hasil bagi antara penerimaan dengan biaya produksi, dari hasil ini menunjukkan bahwa kriteria Reveneu cost ratio yaitu R/C > 1 atau usaha peternakan ayam broiler di Desa Tulupari Kecamatan Tiris Kabupaten Probolinggo layak untuk diusahakan dan dikembangkan.

Kata Kunci: Pendapatan usaha, Kelayakan Finansial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Man Muhammad Sya'roni
Date Deposited: 06 Jul 2023 01:18
Last Modified: 06 Jul 2023 01:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25183

Actions (login required)

View Item View Item