Pengembangan Media Pembelajaran Magic Box Pada Pelajaran IPAS Kelas IV Materi Kegiatan Ekonomi Di Indonesia Sekolah Dasar Baiturrohman Mangli Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

nisa, siti harirotun (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Magic Box Pada Pelajaran IPAS Kelas IV Materi Kegiatan Ekonomi Di Indonesia Sekolah Dasar Baiturrohman Mangli Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi nisa refisi pasca sidang fix.pdf

Download (31MB)

Abstract

ABSTRAK
Sebagai pendidik kita dituntut untuk kreatif dalam kegiatan belajar mengajar dengan tujuan agar
peserta didik tidak bosan dan lebih giat dalam pembelajaran, dengan adanya pengembangan
media pembelajaran akan terdampak positif bagi peserta didik, berdasarkan analisis kebutuhan
dalam penelitian dan pengembangan ini dilakukan dengan cara observasi. dengan demikian perlu
di kembangkan suatu media yang berupa Pengembangan Media Pembelajaran Magic Box Pada
Pelajaran IPAS Kelas IV Materi Kegiatan Ekonomi Di Indonesia Sekolah Dasar Baiturrohman
Kecamatan Mangli, dengan itu peserta didik lebih termotivasi dalam belajar dan mampu
memahami materi pembelajaran secara optimal dengan harapan peserta didik tidak cepat
merasa bosan dalam proses pembelajaran dengan itu meningkatkan motivasi serta merangsang
pikiran dalam imajinasi perserta didik.
Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D). Model pengembangan yang
digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan prosedural yang bersifat deskriptif
model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi,
dan evaluasi. Subjek dari penelitian ini peserta didik kelas IV di Sekolah Dasar Baiturrohman
Mangli Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 20 siswa. Produk akhir dari pengembangan
ini adalah media pembelajaran Magic Box. Pengembangan media Magic Box ini divalidasi oleh 3
validator yaitu validasi ahli media, validasi ahli materi, dan validasi ahli pembelajaran.
Rumusan masalah dalam skripsi ini 1)Bagaimana mengembangkan media Pembelajaran Magic
Box pada Pelajaran IPAS materi kegiatan ekonomi di indonesia Di Sekolah Dasar Baiturrohman
Mangli. 2)Bagaimana kelayakan pengembangan media pembelajaran Magic Box pada pelajaran
IPAS materi kegiatan ekonomi di Indonesia siswa kelas IV Di Sekolah Dasar Baiturohman Mangli.
3) Bagaimana keefektifan media Pembelajaran Magic Box pada pelajaran IPAS materi kegiatan
ekonomi di indonesia siswa kelas IV di Sekolah Dasar Baiturohman Mangli.
Hasil dari penelitian ini di sesuaikan dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Menghasilakan
media pembelajaran Magic Box Pada Pelajaran IPAS Materi Kegiatan Ekonomi Di Indonesia. Dan untuk siswa Sekolah Dasar bisa dilihat dari analisis kebutuhannya dan pengembangan produk
sehingga terciptalah sebuah produk yang meningkat proses pembelajaran. Dengan begitu Peserta
didik dapat berkembang secara optimal jika mendapat rangsangan baik dari orang tua ataupun
pendidik. 2) Kevalidasi media pembelajaran Magic Box pada pelajaran IPAS materi kegiatan
ekonomi di Indonesia seklah dasar sudah layak digunakan dan telah divalidasi oleh pakar atau ahli.
Yaitu divalidasi ahli media 87%, ahli materi 90%, ahli pembelajaran 90% dengan prosentase 89%.
Yang mana dalam validasi tersebut terdapat uji kefektifan suatu media magic box. 3) Bedasarkan
hasil perhitungan data-data, menunjukkan bahwa keefektifan suatu produk media pembelajaran
Magic Box dapat peningkatan hasil belajar siswa sekolah dasar baiturrohman, dapat dilihat dar
hasil peningkatan terhadap uji coba produk yang mana di peroleh hasil kegiatan pretest dan post
test. Dan hasil pretest yaitu sebesar 56,33. Sedangkan nilai post test sebesar 88,66. Dengan
demikian mengalami peningkatan sebesar 32,33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa
media pembelajaran Magic Box dapat meningkatkan keaktifan belajar dan hasil belajar siswa
kelas IV Sekolah Dasar Baiturrohman Kecamatan Mangli Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140203 Economic History
19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190203 Electronic Media Art
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: mis siti harirotun nisa
Date Deposited: 06 Jul 2023 00:45
Last Modified: 06 Jul 2023 00:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25193

Actions (login required)

View Item View Item