Efek Kenaikan Harga Minyak Goreng Atas Kesejahteraan UMKM Sektor Makanan Di Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Pada Tahun 2022

Rizka, Afifatul Ma'unah (2023) Efek Kenaikan Harga Minyak Goreng Atas Kesejahteraan UMKM Sektor Makanan Di Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Pada Tahun 2022. Undergraduate thesis, UIN KHAS Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi Rizka Afifatul Maunah.pdf

Download (16MB)

Abstract

Rizka Afifatul Ma’unah, Khamdan Rifa’i, 2023 : Efek Kenaikan Harga Minyak Goreng atas Kesejahteraan UMKM Sektor Makanan di Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Pada Tahun 2022.

Perekonomian juga merupakan unsur penting dalam kesejahteraan penduduk atau rakyat di sebuah negara. Harga merupakan sesuatu yang penting dan harus diperhatikan oleh konsumen. Kebutuhan pokok merupakan bahan yang diperlukan manusia dalam kehidupan sehari-hari, Minyak goreng sangat diperlukan oleh masyarakat indonesia terutama pelaku UMKM sektor makanan. Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) merupakan salah satu jenis usaha kecil yang sangat berperan dalam peningkatan dan pertumbuhan perekonomian masyarakat terutama di Indonesia. Naiknya harga minyak goreng sedangkan pendapatan tetap itu sangat mempengaruhi kesejahteraan.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian disini yaitu bagaimana efek kenaikan harga minyak goreng atas kesejahteraan UMKM sektor makanan di Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan efek kenaikan harga minyak goreng atas kesejahteraan UMKM sektor makanan di Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah Adanya kenaikan harga minyak goreng yang terjadi pada pelaku UMKM khususnya di Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember, tampaknya harga yang diperjualbelikan di pasaran masih kurang terjangkau. Hal ini dikarenakan kenaikan harga yang terjadi membuat para pelaku UMKM menaikkan harga dari makanan yang dijual guna tetap memperoleh keuntungan dari makanan yang dijual.Kenaikan harga minyak goreng yang terjadi membuat pelaku UMKM lebih selektif memilih merek goreng yang lain dengan harga yang lebih murah namun dengan kualitas yang sama. Tetapi ada juga pelaku UMKM yang tidak mengganti merek minyak goreng tersebut. Harga yang dijual di pasar pada waktu itu cenderung lebih mahal daripada di supermarket karena terjadi kelangkaan dan di supermarket dapat subsidi pemerintah sehingga harganya relatif lebih murah. Kehidupan yang di inginkan oleh setiap manusia adalah hidup sejahtera. Sejahtera menunjukkan kondisi atau keadaan yang baik, dimana manusia dalam hal ini dikatakan makmur, sehat, dan damai. Tingkat kesejahteraan UMKM terbilang sudah sejahtera karena pendapatan tetap.

Kata Kunci: Kenaikan Harga, Minyak Goreng, UMKM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Rizka Afifatul Ma'unah
Date Deposited: 06 Jul 2023 01:12
Last Modified: 06 Jul 2023 01:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25195

Actions (login required)

View Item View Item