Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Mampu Membaca (Komaca) Berbasis Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Rendah di Madrasah Ibtidaiyah Nuruz Zaman Mrawan Mayang Jember

Qurrotua'yun, Ayun (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Kotak Mampu Membaca (Komaca) Berbasis Contextual Teaching and Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas Rendah di Madrasah Ibtidaiyah Nuruz Zaman Mrawan Mayang Jember. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
QURROTUA'YUN_T20194132.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya keterampilan membaca
siswa kelas I di MI Nuruz Zaman dan kurangnya penggunaan media
pembelajaran. Untuk itu, perlu adanya inovasi guru dalam merancang
pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran dapat menciptakan komunikasi
efektif antara guru dan siswa. Ketepatan pemilihan media pembelajaran menjadi
faktor penting dalam mengoptimalkan out put pembelajaran. Dengan adanya
bantuan media pembelajaran kotak mampu membaca (komaca) dapat
meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas I MI Nuruz Zaman.
Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah 1) Untuk mengetahui
kelayakan media pembelajaran kotak mampu membaca (komaca) berbasis
contextual teaching and learning dalam meningkatkan keterampilan membaca
siswa kelas rendah di Madrasah Ibtidaiyah Nuruz Zaman Mrawan Mayang
Jember. 2) Untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran kotak mampu
membaca (komaca) berbasis contextual teaching and learning dalam
meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas rendah di Madrasah Ibtidaiyah
Nuruz Zaman Mrawan Mayang Jember.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan
(Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze,
Design, Develop, Implement dan Evaluate). Teknik pengumpulan data
menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian dan pengembangan ini dapat disimpulkan bahwa 1) Hasil
validasi ahli materi memperoleh nilai 91,57% dengan kategori sangat valid. Hasil
validasi ahli media memperoleh nilai 82,22% dengan kategori valid. Hasil validasi
ahli bahasa memperoleh nilai 92,5% dengan kategori sangat valid. Hasil uji
respon guru memperoleh nilai 92,5% dengan kategori sangat valid. Hasil uji
respon siswa memperoleh nilai 90,95% dengan kategori sangat valid. Berdasarkan
hasil tersebut, media pembelajaran kotak mampu membaca (komaca) dinyatakan
layak digunakan dalam proses pembelajaran. 2) Keefektifan media pembelajaran
kotak mampu membaca (komaca) berbasis contextual teaching and learning
dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas rendah di Madrasah
Ibtidaiyah Nuruz Zaman Mrawan Mayang Jember dinyatakan efektif digunakan
dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan keterampilan membaca
siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai N-Gain sebesar 0,4994 dengan kriteria
sedang yang berarti efektivitasnya sedang.
Kata Kunci : Pengembangan Media Pembelajaran, Kotak Mampu Membaca
(Komaca), Keterampilan Membaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ayun Qurrotua'yun
Date Deposited: 06 Jul 2023 00:59
Last Modified: 06 Jul 2023 00:59
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25205

Actions (login required)

View Item View Item