Penguatan Karakter Toleransi Antar Umat Beragama Melalui Internalisasi Budaya Religius Di SMPN 02 Sumberjambe Jember

Mufi, Akhmad Munir (2023) Penguatan Karakter Toleransi Antar Umat Beragama Melalui Internalisasi Budaya Religius Di SMPN 02 Sumberjambe Jember. Masters thesis, UIN KH Ach Siddiq Jember.

[img] Text
Akhmad munir mufi_213206030043.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci: Toleransi, Internalisasi Nilai, Budaya Religius
Agama apapun di dunia ini membawa ajaran kedamiaan, keselarasan hidup, untuk seluruh makhluk, baik antar manusia, maupun dengan alam. Terminologi ini dalam Islam disebut Rahmatan lil-Alamin (rahmat bagi seluruh alam). Karena hal ini merupakan bagian dari ajaran Agama maka mewujudkannya dalam kehidupan sehari hari merupakan bagian dari wujud budaya religius. Akan tetapi faktanya masih banyak praktik keberagamaan yang jauh dari ajaran agama yang mulya ini . Ekstrimisme, fundamentalisme, eksklusivisme yang saat ini sudah banyak menghinggapi para remaja sekolah menjadi salah satu bukti jauhnya budaya religius dari kehidupan mereka. Tesis ini memaparkan Penguatan karakter toleransi antar umat beragama melalui Internalisasi budaya religius Di SMPN 02 Sumberjambe Jember.
Fokus dalam Penelitan ini adalah : (1) Bagaimana penguatan Toleransi antar umat beragama melalui Transformasi Budaya Regilius di SMPN 02 Sumberjambe Jember ? (2) Bagaimana penguatan Toleransi antar umat beragama melalui Transaksi Budaya Regilius di SMPN 02 Sumberjambe Jember ? (3) Bagaimana penguatan Toleransi antar umat beragama melalui Trans-internalisasi Budaya Regilius di SMPN 02 Sumberjambe Jember ?
Metode penelitian menggunakan pendekatan Kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Data dianalisis dengan mereduksi data yaitu merangkum, mengklasifikasi, menginterpretasi, dan menghubungkan dengan konsep-konsep dan teori yang telah di bangun. Penyajian data melalui penjabaran makna dan menarik kesimpulan dengan mereview data dan teori yang telah dibangun dalam penelitian dan diungkapkan bersama teori-teori lain yang relevan.
Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: (1) penguatan toleransi antar umat beragama di SMPN 02 Sumberjambe Jember melalui Transformasi budaya religius berupa pembinaan terhadap anak didik yang dilakukan oleh para guru terutama guru agama baik di kelas maupun di luar kelas. (2) Penguatan toleransi antar umat beragama melalui Transaksi Budaya religius dilakukan dengan berbagai program keagamaan baik program harian, mingguan, maupun tahunan. (3) Penguatan toleransi antar umat beragama melalui Trans-internalisasi Budaya religius diwujudkan dengan kemampuan guru dalam memberi keteladanan kepada para siswa dalam mengamalkan ajaran agama terutama yang berhubungan dengan toleransi antar umat beragama.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Akhmad Munir Mufi
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:20
Last Modified: 06 Jul 2023 02:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25214

Actions (login required)

View Item View Item