Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Menyelesaikan Soal HOTS Materi Lingkaran di SMPN 1 Panti Jember ditinjau dari Dimensi Kepribadian Sensing dan Intuition

Mulyati, Indah Sri (2023) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Menyelesaikan Soal HOTS Materi Lingkaran di SMPN 1 Panti Jember ditinjau dari Dimensi Kepribadian Sensing dan Intuition. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Indah Sri Mulyati_T20197094.pdf

Download (26MB)

Abstract

Matematika merupakan ilmu yang penting untuk dipelajari karena sangat berguna dalam kehidupan. Matematika mampu meningkatkan daya pikir manusia dalam memecahkan masalah matematis. Kemampuan memecahkan masalah ini dapat dipengaruhi oleh kepribadian siswa. Kepribadian dapat diukur dengan Myer-Briggs Type Indicator yang salah satu dimensinya adalah sensing dan intution dimana pada dimensi ini dilihat berdasarkan cara seseorang dalam memperoleh dan memproses data sehingga hal tersebut dapat mempengaruhi juga dalam proses pemecahan masalah siswa.
Fokus penelitan dalam skripsi ini yaitu: 1) bagaimana kemampuan pemecahan masalah pada siswa berkepribadian sensing dalam menyelesaikan soal HOTS materi lingkaran di SMPN 1 Panti Jember? 2) bagaimana kemampuan pemecahan masalah pada siswa berkepribadian intuition dalam menyelesaikan soal HOTS materi lingkaran di SMPN 1 Panti Jember?
Pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket kepribadian, soal tes, wawancara dan dokumentasi. Dari penyebaran angket kepribadian, maka dipilih 2 siswa berkepribadian sensing dan 2 siswa berkepribadian intuition sebagai subjek penelitian. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan tahapan Miles dan Huberman dan untuk keabsahan data, penelitian ini menerapkan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kemampuan pemecahan masalah pada siswa berkepribadian sensing dalam menyelesaikan soal HOTS materi lingkaran dengan level C4 dapat mencapai tahap keempat dalam pemecahan masalah Polya yang meliputi pemahaman masalah, perencanaan pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah dan memeriksa kembali, sedangkan pada soal HOTS dengan level C5 dapat mencapai tahap ketiga yang meliputi pemahaman masalah, perencanaan pemecahan masalah dan melaksanakan rencana pemecahan masalah. 2) kemampuan pemecahan masalah pada siswa berkepribadian intuition dalam menyelesaikan soal HOTS materi lingkaran dengan level C4 dan C5 dapat mencapai pada tahap keempat dalam pemecahan masalah Polya yang meliputi pemahaman masalah, perencanaan pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan masalah dan memeriksa kembali.
Kata Kunci:Kemampuan Pemecahan Masalah, Soal HOTS, Kepribadian Sensing dan Intuition

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010299 Applied Mathematics not elsewhere classified
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Indah Sri Mulyati
Date Deposited: 06 Jul 2023 03:11
Last Modified: 06 Jul 2023 03:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25216

Actions (login required)

View Item View Item