IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK BERBASIS PESANTREN UNTUK MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA SMP ANNUR KALIBARU BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Farhana, elma Nuril (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK BERBASIS PESANTREN UNTUK MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN SISWA SMP ANNUR KALIBARU BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI ELMA NURIL FARHANA T20191275 PAI A6 .pdf

Download (3MB)

Abstract

Elma Nuril Farhana, 2023: Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Berbasis Pesantren untuk Membentuk Karakter Disiplin Siswa SMP Annur Kalibaru Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023.
Kata kunci: Impelementasi, akidah akhlak, pesantren, SMP Annur, disiplin
Pendidikan karakter merupakan elemen yang sangat penting untuk ditanamkan pada siswa sejak dini di sekolah. Faktor ini dikarenakan karakter yang positif akan memberikan manfaat bagi siswa dalam menghadapi berbagai situasi,
baik di dalam maupun di luar lingkungan sekolah,
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Implementasi pembelajaran akhlak berbasis pesantren di SMP Annur Kalibaru Banyuwangi untuk membentuk karakter disiplin siswa Tahun Pelajaran 2022/2023. 2)
Bagaimana kendala dalam proses pembinaan akhlak siswa SMP Annur Kalibaru Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Implementasi pembelajaran akhlak berbasis pesantren di SMP Annur Kalibaru Banyuwangi untuk membentuk karakter disiplin siswa Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Mendeskripsikan Kendala
dalam proses pembinaan akhlak iswa SMP Annur Kalibaru Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dengan teknik pengumpulan data observasi pasif partisipan dalam penelitiannya. Teknk pengumpulan data menggunakan
wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model
Milles Huberman yang meliputi tiga langkah yaitu: kondensasi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Adapun pengujian data pada skirpsi ini
menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan yaitu: 1) Implementasi
pembelajaran akhlak berbasis pesantren di SMP Annur Kalibaru Banyuwangi
untuk membentuk karakter disiplin siswa Tahun Pelajaran 2022/2023 dalam hal
ini disimpulkan dalam empat temuan yaitu :a) Memberikan Model Pembelajaran
yang Tepat, b) Pembelajaran Akidah Akhlak di Luar Kelas, c) Pembelajaran
Akidah Akhlak di Luar Kelas, dan d) Memberikan motivasi bagi siswa. 2) faktorfaktor kendala dalam penelitian memiliki dua faktor kendala yaitu: a) faktor
internal yaitu masih kurangnya fasilitas yang memadai bagi siswa untuk
menunjang pembelajaran, sarana prasarana sekolah yang kurang lengkap adalah
sebagai berikut : Guru pengajar atau tenaga pendidik ASN, Ruang belajar yang
dapat mendukung siswa dalam proses belajar adalah LCD proyektor. Selain itu,
terdapat faktor eksternal yang berhubungan dengan faktor di luar sekolah, seperti
karakteristik yang dimiliki oleh orang tua di rumah dan dampak yang cepat dari
teknologi terhadap siswa di sekolah. b) Faktor eksternal tersebut mencakup: 1)
Gaya pengasuhan keluarga, 2) Penggunaan teknologi, dan 3) Pengaruh dari teman
sebaya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Elma Nuril Farhana
Date Deposited: 14 Jul 2023 03:13
Last Modified: 14 Jul 2023 03:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25218

Actions (login required)

View Item View Item