Pengaruh Pola Asuh Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Se-Desa Tamanagung Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022-2023

Khoiron, Hamdan (2023) Pengaruh Pola Asuh Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Se-Desa Tamanagung Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022-2023. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMMBER.

[img] Text
0849419017 HAMDAN KHOIRON.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK

Khoiron, Hamdan, 2023 “Pengaruh Pola Asuh Dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah se-Desa Tamanagung Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022-2023”. Tesis. Program Studi PGMI Pascasarjana Universitas KH Ahmad Siddiq Jember. pembimbing I: Dr.H. Abd. Muhith, S.Ag., M.Pd.I. . Pembimbing II: Dr. H. Sofyan Hadi, M.Pd
¬¬
Tujuan dari proses pembelajaran yang ada di sekolah ialah agar seorang anak menjadi pandai ataupun berprestasi. Pola asuh dan latar belakang ekonomi orang tua juga merupakan tolak ukur siswa untuk menjadi berprestasi dalam bidang akademik maupun non akademik. Berdasarkan latar belakang di atas, peneliti mengkaji lebih mendalam mengenai Pola Asuh dan Status Sosial Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah se-Desa Tamanagung Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi.
Rumusan masalah: (1) Apakah pola asuh orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah se-Desa Tamanagung Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2022-2023? (2) Apakah status sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah se-Desa Tamanagung Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2022-2023? (3) Apakah pola asuh dan status sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah se-Desa Tamanagung Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi tahun ajaran 2022-2023?. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah: (1) Untuk menganalisis pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah se-Desa Tamanagung Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2022-2023. (2) Untuk menganalisis pengaruh status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah se-Desa Tamanagung Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2022-2023. (3) Untuk menganalisis pengaruh pola asuh dan status sosial ekonomi orang tua terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah se-Desa Tamanagung Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2022-2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu penelitian yang menggunakan data statistik dan pengujian hipotesis. Adapun jenis penelitiannya berdasarkan tekniknya adalah penelitian survey (survey research) terhadap variabel yang di teliti. Penelitian ini menggunakan teknik analisis linier berganda dengan menggunakan software SPSS 22. Untuk menentukan tempat penelitian ini, digunakan metode Purposive Sampling Area,. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas I s.d VI di Madrasah Ibtida’iyah se-Desa Tamanagung Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi, dengan sampel penelitian hanya menggunakan kelas V dan VI. Teknik pengumpulan data dalam riset ini menggunakan teknik Kuisioner atau angket yang diberikan ke beberapa sampel yang telah ditentukan.
Hasil riset ini secara parsial pola asuh dengan nilai prob 0.006 < 0.05 atau  5% maka variabel pola asuh memberikan pengaruh yang positif signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Status sosial ekonomi orang tua dengan nilai prob 0.503 > 0.05 atau  5% tidak memberikan pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Secara simultan variabel pola asuh dan status sosial ekonomi orang tua dengan prob 0.023 < 0.05 atau  signifikansi 5% memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah se-Desa Tamanagung Kecamatan Cluring Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2022-2023.

Kata Kunci: Pengaruh Pola Asuh, Status Sosial Ekonomi, Prestasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: S.Pd Hamdan Hamdan Khoiron
Date Deposited: 06 Jul 2023 03:20
Last Modified: 06 Jul 2023 03:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25219

Actions (login required)

View Item View Item