Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Android Pada Mata Pelajaran PPKN Di Madrasah Ibtidaiyah Jember

Dwi Cahyo, Fajar (2023) Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Android Pada Mata Pelajaran PPKN Di Madrasah Ibtidaiyah Jember. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fajar Dwi Cahyo_T20194073.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fajar Dwi Cahyo, 2023: Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Ppkn di Madrasah Ibtidaiyah Fathussalafi Jember.
Kata Kunci: E-Learning, Media Pembelajaran, ADDIE

Penelitian dan pengembangan pembelajaran e-learning ini didasarkan pada siswa yang memiliki keterbatasan dalam memahami sebuah materi pada mata pelajaran ppkn, minat baca yang minim, susah memahami dan mengelompokkan materi yang saling berkaitan yang terjadi pada siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Fathussalafi Jember. Dari pembagian tema pada mata pelajaran tematik yang dirasa sulit bagi siswa dan guru di sekolah, maka peneliti merancang sebuah media pembelajaran berbasis android untuk menarik minat perhatian siswa dalam memahami sebuah materi dalam proses pembelajaran yakni melalui sebuah media pembelajaran e-learning berbasis android yang berisikan materi pembelajaran, video pembelajaran dan latihan-latihan soal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah e-learning berbasis android dalam pembelajaran ppkn dan mendeskripsikan validitas kelayakan sebuah media melalui respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (research and Development) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement dan Evaluate). Subjek uji coba yaitu ahli materi, ahli media, guru Tematik dan seluruh siswa kelas VI yang berjumlah 15 subjek. Instrumen yang digunakan berupa lembar validasi dan angket, serta data dianalisis menggunakan analisis deskriptif.
Hasil penelitian dan pengembangan penelitian ini didapatkan data validasi ahli materi sebesar 90,7%, ahli media sebesar 84% dan guru tematik sebesar 93,5% dengan rata-rata sebesar 95,41% memiliki katergori sangat valid sehingga media sangat layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Sedangkan hasil respon terkait kelayakan sebuah media pembelajaran yakni diperoleh skor rata-rata keseluruhan sebanyak 15 subjek sebesar 89,2%. yang memiliki kategori sangat menarik untuk diimplementasikan dan dilakukan penelitian dengan tahap lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fajar Dwi Cahyo Suyoto
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:21
Last Modified: 06 Jul 2023 02:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25221

Actions (login required)

View Item View Item