Youth Leadership Ketua Pengurus Putri di Pesantren Ainul Yaqin Ajung Jember Dalam Membumikan Karakter Santri

Qomariyah, Siti (2023) Youth Leadership Ketua Pengurus Putri di Pesantren Ainul Yaqin Ajung Jember Dalam Membumikan Karakter Santri. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
revisi skripsi 15 juni 2023 terbaru.pdf

Download (4MB)

Abstract

Youth leadership ( kepemimpinan muda ) ketua pengurus putri dalam membumikan karakter santri merupakan topik penting dalam penelitian ini, karena pemuda disini mempunyai kontribusi yang sangat besar untuk membumikan karakter santri. Pemuda merupakan tangan kedua pengasuh pesantren Ainul Yaqin Ajung Jember. Pengasuh melibatkan pengurus sebagai generasi muda untuk membumikan karakter dengan menggunakan metode uswah, pembiasaan, mauidah dan tarhib.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana youth leadership ketua pengurus putri di Pesantren Ainul Yaqin dalam membumikan karakter santri melalui metode Uswah (Keteladanan)?. 2)Bagaimana youth leadership ketua pengurus putri di Pesantren Ainul Yaqin dalam membumikan karakter santri melalui Metode Pembiasaan?. 3) Bagaimana youth leadership ketua pengurus putri di Pesantren Ainul Yaqin dalam membumikan karakter santri melalui Metode Mau’idah? 4) Bagaimana youth leadership ketua pengurus putri di Pesantren Ainul Yaqin dalam membumikan karakter santri melalui Metode Tarhib?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan youth leadership ketua pengurus putri di Pesantren Ainul Yaqin dalam membumikan karakter santri melalui Metode Uswah (Keteladanan), Pembiasaan, Mauidah dan Tarhib.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif, teknik pengumpulan data berupa observasi partisipasi pasif, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Penentuan subjek penelitian melalui teknik purposive. Analisis data kualitatif model interaktif menggunakan teori Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi langkah-langkah, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data berupa triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Penelitian ini memperoleh simpulan:1). Youth leadership ketua pengurus putri di pesantren Ainul Yaqin dalam membumikan karakter santri dengan menggunakan metode uswah, meliputi kegiatan religi berupa solat 5 waktu berjamaah, disiplin dengan peraturan pondok, 2).Youth leadership ketua pengurus putri di pesantren Ainul Yaqin dalam membumikan karakter santri dengan metode pembiasaan meliputi pembiasaan disiplin dalam beribadah yaitu mengaji yanbu’a, pembiasaan menutup aurat dengan berbusana yang rapi dan tidak memakai pakaian yang ketat, pembiasaan cinta ilmu dengan mengikuti majelis taklim dan pembiasaan hidup bersih dengan piket pondok (Ro’an). 3). Youth leadership ketua pengurus putri di pesantren Ainul Yaqin dalam membumikan karakter santri dengan menggunakan metode mauidah meliputi nasehatdan wasiat. 4). Youth leadership ketua pengurus putri di pesantren Ainul Yaqin dalam membumikan karakter santri dengan metode tarhib meliputi pemberitahuan, teguran, peringatan secara tertulis dan hukuman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mrs Sitqom Uin Khas Jember
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:34
Last Modified: 06 Jul 2023 02:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25226

Actions (login required)

View Item View Item