Implementasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Barkah, Achmad Iqbal (2023) Implementasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Achmad Iqbal Barkah_T20199028.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kurikulum Merdeka Belajar adalah kurikulum yang mengutamakan kebebasan berpikir dan dalam proses pembelajaran guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Implementasi Pembelajaran IPS pada Kurikulum Merdeka Belajar membutuhkan penyesuaian dan berbagai kendala bagi mata pelajaran IPS. SMP Negeri 4 Jember merupakan salah satu SMP di Kabupaten Jember yang menjadi sekolah percontohan atau pilloting project dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar.
Fokus penelitian ini yaitu, 1) Bagaimana proses perencanaan dalam implementasi pembelajaran IPS menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Negeri 4 Jember?, 2) Bagaimana proses pelaksanaan dalam implementasi pembelajaran IPS menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Negeri 4 Jember?, 3) Bagaimana proses evaluasi dalam implementasi pembelajaran IPS menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Negeri 4 Jember?
Tujuan penelitian ini yaitu, 1) Mendeskripsikan proses perencanaan dalam implementasi pembelajaran IPS menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Negeri 4 Jember, 2) Mendeskripsikan proses pelaksanaan dalam implementasi pembelajaran IPS menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Negeri 4 Jember, 3) Mendeskripsikan proses evaluasi dalam implementasi pembelajaran IPS menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Negeri 4 Jember.
Pendekatan yang digunakan dalam metode ini adalah pendekatan deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles and Huberman. Keabsahan data menggunakan trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber.
Simpulan dalam penelitian ini, bahwa dalam implementasi pembelajaran IPS menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar ini ada 3 komponen, yang pertama yaitu pada perencanaan, peneliti menemukan bahwa guru membuat Modul Ajar yang berisi Tujuan Pembelajaran (TP) dan Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) yang berpedoman dari Capaian Pembelajaran (CP) yang diberikan oleh pusat. Untuk komponen yang kedua yaitu pelaksanaan, guru melakukan beberapa tahapan, yaitu pendahuluan, kegiatan inti dan penutup didasarkan pada siklus implementasi kurikulum merdeka dengan menguatkan terciptanya pembelajaran berdiferensiasi. Untuk komponen yang ketiga yaitu evaluasi, guru melakukan penilaian dari tiga bentuk asesmen, yang pertama dari asesmen formatif yang sudah dilaksanakan, kedua dari asesmen berbasis proyek yang dikerjakan siswa secara berkelompok, dan instrumen penilaian siswa
Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran IPS, Kurikulum Merdeka Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130213 Vocational Education and Training Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Mr. Achmad Iqbal Barkah
Date Deposited: 06 Jul 2023 00:53
Last Modified: 06 Jul 2023 00:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25230

Actions (login required)

View Item View Item