Internalisasi nilai-nilai karakter religius pada mata pelajaran akidah akhlak di MI irsyadun nasyi'in Kasiyan Timur tahun pelajaran 2022/2023

INAYAH, AINIL (2023) Internalisasi nilai-nilai karakter religius pada mata pelajaran akidah akhlak di MI irsyadun nasyi'in Kasiyan Timur tahun pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
AINIL INAYAH_T20164043.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ainil Inayah: Internalisasai Nilai-Nilai Karakter Religi Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MI Irsyadun Nasyi’in Kasiyan Timur Tahun Pelajaran 2020/2021

Kata kunci: Internalisasai Nilai-Nilai Karakter Religi Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak

Internalisasi nilai karakter religius adalah Suatu proses memasukkan nilai agama secara penuh ke dalam hati, sehingga ruh dan jiwa bergerak berdasarkan ajaran agama. Internalisasi nilai agama terjadi melalui pemahaman ajaran agama secara utuh, dan diteruskan dengan kesadaran akan pentingnya ajaran agama, serta ditemukannya posibilitas untuk merealisasikannya dalam kehidupan nyata.
Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana internalisasi nilai-nilai karakter religius kepatuhan dalam menjalankan ajaran agama pada mata pelajaran akidah akhlak di MI Irsyadun Nasyi’in Kasiyan Timur Kecamatan Puger Kabupaten Jember? 2) Bagaimana internalisasi nilai-nilai karakter religius toleransi pada mata pelajaran akidah akhlak di MI Irsyadun Nasyi’in Kasiyan Timur Kecamatan Puger Kabupaten Jember? 3) Bagaimana internalisasi nilai-nilai karakter religius kerukunan hidup antara penganut agama pada mata pelajaran akidah akhlak di MI Irsyadun Nasyi’in Kasiyan Timur Kecamatan Puger Kabupaten Jember?
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini terletak di MI Irsyadun Nasyi’in Kasiyan Timur Kecamatan Puger Kebupten Jember. Penentuan infiorman menggunakan teknik purposif sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipasi pasif (pasive participation), wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Adapun analisi data menggunakan analisis deskriptif kualitatif model interaktif sesuai teori Miles, Huberman dan Saldana yaitu menganalisis data dengan tiga langhkah: kondensasi data (data condensation), menyajikan data (data display), dan menarik simpulan atau verifikasi (conclusion drawing and verification). Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Internalisasi nilai-nilai karakter religius
Kepatuhan dalan nenjalankan ajaran agama pada mata pelajaran akidah akhlak diterapkan pada seluruh mata pelajaran, acuan pembelajaran mengacu kepada ketersinambungan antara KI dan KD,dilakukan secara terprogram dan tidak terprogran. 2) Internalisasi nilai-nilai religius toleransi diterapkan pada seluruh mata pelajaran. Nilai toleransi yang diajarkan di dalan kelas pada mapel akidah berupa nilai kebebasan, menghargai, menghormati,saling tolong menolong dan bernusyawaroh dalan menentukan sesuatu. 3) Internalisasi nilai-nilai karakter religius kerukunan hidup antar penganut agama pada mata pelajaran akidah akhlak dilakukan melalui perencanaan yang baik, metode dan pendekatan yang sesuai dengan tujuan madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 03 CHEMICAL SCIENCES > 0302 Inorganic Chemistry > 030202 f-Block Chemistry
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms AINIL INAYAH
Date Deposited: 06 Jul 2023 02:16
Last Modified: 06 Jul 2023 02:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/25242

Actions (login required)

View Item View Item